Pengaruh social media marketing, influencer marketing dan content marketing terhadap keputusan pembelian produk Somethinc dengan minat beli sebagai variabel intervening pada mahasiswa S1 di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspita, Melati Diah (2023) Pengaruh social media marketing, influencer marketing dan content marketing terhadap keputusan pembelian produk Somethinc dengan minat beli sebagai variabel intervening pada mahasiswa S1 di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Melati Diah Puspita_G93219078 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Influencer marketing dan content marketing merupakan strategi pemasaran melalui media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Strategi pemasaran tersebut dinilai efektif dan efisien dalam menarik minat beli calon konsumen, dimana rasa minat beli tersebut dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh social media marketing, influencer marketing dan content marketing terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun dimediasi oleh minat beli. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Penelitian survei merupakan penelitian kuantitatif yang digunakan untuk mendapatkan data mengenai keyakinan, pendapat, perilaku, karakteristik, hubungan variabel dan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dari sampel yang diambil dari suatu populasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 383, yang diperoleh melalui teknik cluster sampling dan proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan data hasil penyebaran kuesioner yang diolah menggunakan software SmartPLS versi 3.2.9. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel influencer marketing, content marketing dan minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Sedangkan, variabel social media marketing secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Akan tetapi, ketika variabel social media marketing, influencer marketing dan content marketing dimediasi oleh minat beli maka berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak manajemen perusahaan agar terus meningkatkan promosi dengan bekerja sama dengan influencer lainnya yang memiliki popularitas yang tinggi, kredibilitas yang baik, daya tarik dan pengaruh yang kuat serta melalui pembuatan konten yang relevan, akurat, bernilai, mudah dipahami, mudah ditemukan dan konsisten. Hal tersebut dimaksudkan untuk dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Dimana, secara tidak langsung pengaruh dari influencer marketing dan content marketing dapat memberikan keuntungan yaitu dapat meningkatkan penjualan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspita, Melati Diahmelatidiahpuspita134@gmail.comG93219078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Thesis advisorSetiawati, Riska Ayuriska.ayu@uinsby.ac.id2003059301
Subjects: Manajemen
Media Sosial
Pemasaran
Keywords: social media marketing; influencer marketing; content marketing; minat beli; keputusan pembelian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Melati Diah Puspita
Date Deposited: 26 Sep 2023 01:59
Last Modified: 26 Sep 2023 01:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65514

Actions (login required)

View Item View Item