Flexing di media sosial Instagram dalam perspektif teori Dramaturgi Erving Goffman di Karang Taruna Desa Sepande Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurdiasyah, Arif (2023) Flexing di media sosial Instagram dalam perspektif teori Dramaturgi Erving Goffman di Karang Taruna Desa Sepande Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arif Nurdiasyah_I93219069 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Flexing adalah gaya hidup berlebihan yang suka memamerkan kesuksesannya di depan umum. Karena aksesibilitas mengakses media sosial, cukup mudah untuk mendapatkan referensi sambil mencari pengakuan, yang mengarah pada fenomena flexing.Penelitian ini mengkaji tentang latar belakang dan bentuk pemuda karang taruna Desa Sepande Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo berperilaku flexing dengan cara menampilkan dirinya di media sosial Instagram dan kehidupan sehari-hari dengan mengkaji menggunakan Teori Dramaturgi Erving Goffman.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dengan teknik pengumpulan data secara observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian yang dipilih secara purposive sampling yaitu pemuda karang taruna Desa Sepande Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo yang dianggap memahami topik penelitian yang dikaji.Hasil penelitian yang ditemukan bahwa yang melatarbelakangi pemuda karang taruna melakukan flexing dan bentuk menampilkan dirinya di media sosial Instagram dan sehari-hari itu berbeda-beda namun terdapat kecenderungan yang sama yakni ingin mendapat pengakuan diri dan mendapatkan relasi. Bentuk penampilan pemuda karang taruna dalam melakukan flexing di media sosial instagram juga berbeda dengan kedidupan sehari-hari, perilaku flexing lebih sering ditampilkan di media sosial Instagram dibandingkan dikehidupan sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurdiasyah, Arifarifnurdiasyah22@gmail.comI93219069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, Dwidwisetia@uinsby.ac.id2022127201
Thesis advisorEffendi, MasitahMASITAH.EFFENDI@uinsby.ac.id2017059101
Subjects: Masyarakat
Media Sosial
Masalah sosial
Sosiologi
Keywords: Flexing; Media Sosial Instagram
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Arif Nurdiasyah
Date Deposited: 28 Sep 2023 10:19
Last Modified: 28 Sep 2023 10:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65516

Actions (login required)

View Item View Item