Analisis penerapan restorative justice dalam penyelesaian tindak pidana ringan studi di Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuraini, Hesti (2023) Analisis penerapan restorative justice dalam penyelesaian tindak pidana ringan studi di Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hesti Nuraini_C77219022 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan restorative justice bertujuan agar korban yang mengalami kerugian dapat terpulihkan kembali dengan diberikan penghormatan yakni terpenuhinya hak oleh pelaku atas tindak pidananya. Secara praktis akan selalu terjadi disparitas antara yang seharusnya (das sollen) dengan yang sebenarnya (das sein), antara yang tertulis dalam undang-undang (law in the book) dan yang proses tindakan (law in action). Penelitian ini disusun untuk memperoleh data berupa jawaban pertanyaan dari rumusan masalah: bagaimana penerapan mengenai restorative justice dalam penyelesaian tindak pidana ringan oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Jawa Timur beserta dengan hambatan untuk penerapan restorative justice. Dalam penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris dilakukan secara observasi lapangan dengan mengkaji implementasi suatu peraturan terhadap praktik penerapannya. Untuk mengkaji dan meneliti terhadap penelitian, penulis menggunakan pendekatan sosiologi hukum terkait sistem norma masyarakat, pendekatan perundang-undangan dengan menganalisis bagaimana pelaksanaanya di lapangan. Teknik pengumpulan sumber data primer diperoleh melalui hasil observasi dan wawancara oleh narasumber di lapangan dan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan, buku, peraturan perundang-undangan serta jurnal. Setelah data diperoleh, dilanjutkan dengan analisis untuk mengolah hasil data dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif yang menggunakan data berbentuk kalimat agar dapat ditarik kesimpulan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuraini, Hestihestinuraini30@gmail.comC77219022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyadi, Imronimrosyad@yahoo.com196903101999031008
Subjects: Hukum > Hukum Pidana
Kriminologi
Keywords: Restorative justice; kriminal umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Publik Islam
Depositing User: Hesti Nuraini
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:06
Last Modified: 12 Oct 2023 07:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65590

Actions (login required)

View Item View Item