Upaya lembaga ecological observation and wetland conservation dalam menyuarakan penolakan terhadap perdagangan impor limbah non bahan berbahaya dan beracun antara Indonesia dan Belanda tahun 2021-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Fernanda Resa (2023) Upaya lembaga ecological observation and wetland conservation dalam menyuarakan penolakan terhadap perdagangan impor limbah non bahan berbahaya dan beracun antara Indonesia dan Belanda tahun 2021-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fernanda Resa Pratama_I92219065.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan terkait upaya ECOTON dalam menyuarakan penolakan terhadap adanya perdagangan impor Limbah Non Bahan Berbahaya dan Beracun antara Indonesia Belanda yang dapat mencemari lingkungan. Impor limbah yang mayoritas berupa skrap plastik dengan kandungan mikroplastik akan menyebabkan munculnya senyawa kimia berbahaya berupa dioksin jika dilakukan pembakaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi serta menggunakan konsep Global Civil Society atau Masyarakat Sipil Global oleh Raffael Marchetti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa upaya yang dilakukan ECOTON sebagai bagian Global Civil Society (GCS) dalam menyuarakan penolakan terhadap perdagangan Impor Limbah Non B3 seperti: 1).kegiatan ECOTON bersama GAIA, BFFP dalam melakukan berbagai kampanye aksi damai penolakan sampah impor plastik serta melakukan kampanye melalui berbagai media sosial; 2). ECOTON melakukan advokasi dengan bertemu perwakilan Pemerintah Belanda bersama lembaga PSF dimana ECOTON diwakili oleh Aeshnina yang juga mewakili lembaga GAIA; 3). Melakukan penelitian dan edukasi untuk kepentingan produksi pengetahuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Fernanda Resapratamaresa32@gmail.comI92219065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Moh. Fathonimfathonihakim@gmail.com2005018402
Subjects: Hubungan Internasional
Kerjasama Internasional
Bisnis
Keywords: perdagangan, impor, limbah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Fernanda Resa Pratama
Date Deposited: 29 Sep 2023 08:28
Last Modified: 29 Sep 2023 08:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65651

Actions (login required)

View Item View Item