Komunikasi persuasif petugas Puskesmas Kutukan kepada masyarakat dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Muhselvia Nur (2022) Komunikasi persuasif petugas Puskesmas Kutukan kepada masyarakat dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhselvia Nur Hidayah_B95218122 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: bagaimana proses komunikasi persuasif petugas Puskesmas Kutukan kepada masyarakat dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 serta hambatan dalam proses komunikasi persuasif kepada masyarakat dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora. Untuk mengkaji secara mendalam mengenai dua persoalan tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif menggunakan data dari hasil wawancara secara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan teori disonansi kognitif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses komunikasi persuasif yang dilakukan petugas Puskesmas kepada masyarakat dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 diwujudkan melalui petugas Puskesmas Kutukan memberikan informasi kepada tokoh masyarakat secara langsung, tokoh masyarakat sebagai opini leader dalam meyakinkan masyarakat untuk melakukan vaksinasi, pesan dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami masyarakat, media dimanfaatkan untuk memudahkan penyampaian informasi vaksinasi kepada masyarakat dan respon masyarakat kecamatan Randublatung terhadap pelaksanaan vaksinasi COVID-19 saat ini. (2) Hambatan yang dihadapi petugas Puskesmas Kutukan dalam proses komunikasi kepada masyarakat ada lima hal yaitu banyaknya informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya (berita hoax), hambatan pada SDM masyarakat, hambatan pada lokasi, hambatan pada tingkat pendidikan dan pengalaman masyarakat serta hambatan pada bahasa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Muhselvia Nurselvihidayah83@gmail.comB95218122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamidah, Liliklilikhamidah89@gmail.com2017127301
Subjects: Bahan Obat
Ilmu Komunikasi
Keywords: Komunikasi persuasif; Kecamatan Randublatung; vaksinasi COVID-19
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhselvia Nur Hidayah
Date Deposited: 31 Oct 2023 05:17
Last Modified: 31 Oct 2023 05:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65766

Actions (login required)

View Item View Item