Studi living Qur'an pengamal sholawat al-Husainiyyah pada jama'ah al Khidmah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Basri, Ahmad Faizal (2023) Studi living Qur'an pengamal sholawat al-Husainiyyah pada jama'ah al Khidmah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tesis Ahmad Faizal Basrii.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi amalan jama’ah al-Khidmah terhadap shalawat al-Husainiyyah. Ada fenomena menarik, mulai menaruh di sakunya, membaca dan memahami isi kandungan shalawat al-Husainiyyah. Shalawat tersebut berisikan 30 tema yang berbeda-beda beserta ayat-ayat al-Qur’an, baik ayatnya utuh ataupun terpotong. Adapun yang dibahas dasar nash peletakan ayat ayat tersebut, dampak pengamalannya, amalan jama’ah al-Khidmah sebagai representatif nilai-nilai pada shalawat al-Husainiyyah. Metode yang dipakai adalah living Qur'an dengan pendekatan Psikospritual. Hasil penelitian ini: pertama ayat-ayat macam tersebut legal sebab sebagai tafsir ayat dengan ayat tipe mawd}u>’i> al-Waji>z atau membaca al-Qur’an sebagaimana praktik sahabat Bilal ra., namun tetap mematuhi kaidah waqaf wa ibtida>’. Kedua dampak pengamalan atas dasar sugesti performatif ekskatologis dan praktis adalah dimudahkan rizkinya, menenangkan hati, mencari solusi, memperindah akhlak dan prilaku, hajat yang diminta dan yang diharapkan dapat terkabul, terlindung aib dan kekurangannya, serta diangkat derajatnya, dan diakui sebagai murid KH. Achmad Asrori al-Ish}a>qi>. Ada pula pengamal sekaligus paham isi kandungan shalawat al-Husainiyyah berdampak lebih besar dan berkualitas, sebab al-Qur’an adalah petunjuk hidup berdasarkan tahap kognisi, internalisasi dan afirmasi melalui tafsir shalawat al-Husainiyyah. Ketiga, representatif informatif shalawat al-Husainiyyah pada amalan-amalan jama’ah al-Khidmah di antaranya banyak berdzikir dan beristigfar setelah shalat fardhu sesuai tuntuan al-Ishaqi, memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad Saw., terutama di bulan Ramadhan, mengikuti Majelis Dzikir yang diselenggarakan oleh Pengurus Jama’ah al-Khidmah agar dapat berdzikir bersama dan berdo’a bersama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Basri, Ahmad Faizalfaizbasri852@gmail.com02040521007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, M. Syamsulmsyamsulhud@gmail.com2029037201
Thesis advisorSantoso, Agusags_hana@yahoo.co.id2025087001
Subjects: Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Shalawat al-Husainiyyah; living Qur’an; nash; representasi
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ahmad Faizal Basri
Date Deposited: 29 Sep 2023 08:47
Last Modified: 29 Sep 2023 08:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65789

Actions (login required)

View Item View Item