Penguatan kapasitas pemuda Dusun Sumber Jeruk Desa Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi melalui pengolahan jeruk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Zulfi Wahyu (2023) Penguatan kapasitas pemuda Dusun Sumber Jeruk Desa Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi melalui pengolahan jeruk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulfi Wahyu Aulia_B02219045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus dalam tiga hal, yang pertama bagaimana strategi penguatan kapasitas pemuda Dusun Sumber Jeruk melalui inovasi pengelolaan jeruk, Kedua, berfokus pada hasil dari proses pendampingan pemuda Dusun Sumber Jeruk Desa Tamanagung dalam penguatan kapasitas melalui inovasi pengelolaan jeruk, Ketiga relevansi antara Penguatan kapasitas pemuda melaui inovasi pengolahan jeruk dengan dakwah pengembangan masyarakat islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan ABCD (Aset Based Community Devlopment), yang dimana pada proses aksinya menggunakan pengembangan pada aset dan potensi yang dimiliki masyarakat untuk mencapai tujuan yang diharapkan, Tahapan pendekatan ABCD meliputi discovery, dream, design, define, dan destiny. Aset yang dikembangkan meliputi kreatifitas pemuda dan pemanfaatan jeruk. Kesimpulan penelitian ini adalah, strategi yang digunakan adalah program pembuatan produk hingga pemasaran menggunakan media sosial pengolahan jeruk menjadi minuman kekinian mojito jeruk. Tingkat keberhasilan bisa dikatakan baik karena terbentuknya kelompok, menghasilkan sebuah produk hingga dipasarkan. Relevansi program dengan pengembangan masyarakat Islam yaitu aktivitas yang dilakukan di mana memanfaatkan potensi yang sudah ada dan mereka miliki dalam proses pengembangan, mengajak masyarakat untuk berbuat hal yang bermanfaat untuk mencapai perubahan yang lebih baik ke depannya, menjadikan masyarakat yang awalnya kurang mengenali aset dan potensi menjadi lebih mengenali aset yang bernilai ekonomi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Zulfi Wahyuaulia.zulfi26@gmail.comB02219045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirtiyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Media Sosial
Pengabdian Masyarakat
Sumber Daya Manusia
Keywords: Penguatan kapasitas; pemuda; pengolahan jeruk
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Zulfi Wahyu Aulia
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:54
Last Modified: 06 Oct 2023 04:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65802

Actions (login required)

View Item View Item