Analisis industri rumahan pasca pandemi covid-19 dalam perspektif ekonomi industri: studi pada pengrajin sepatu Kota Mojokerto Kecamatan Sooko Desa Sooko

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurdamayanti, Eva Firdha (2023) Analisis industri rumahan pasca pandemi covid-19 dalam perspektif ekonomi industri: studi pada pengrajin sepatu Kota Mojokerto Kecamatan Sooko Desa Sooko. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eva Firdha Nurdamayanti_G01219009.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Industri Rumahan Pasca Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perspektif Ekonomi Industri (Studi Pada Pengrajin Sepatu Kabupaten Mojokerto Kecamatan Sooko Desa Sooko)” bertujuan untuk menjawab rumusan masalah terkait kondisi UMKM industri rumahan pengrajin sepatu Kabupaten Mojokerto Kecamatan Sooko Desa Sooko pada saat pandemi covid-19 dan juga bagaimana keadaan industri rumahan pasca pandemi, upaya apa yang diterapkan oleh Home Industri pengrajin sepatu di Kota Mojokerto dalam mengembalikan perekonomian mereka pasca pandemi Covid-19 dalam perpektif ekonomi industri.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket, wawancara dan juga dokumentasi. Penelitian ini menggunakan data primer dan juga sekunder. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian terdahulu yaitu pada penelitian menganalisis kondisi pengrajin alas kaki industri rumahan kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto serta menganalisis kondisi pasca pandemi covid-19 berdasarkan perspektif ekonomi industri. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa bahwa pandemi Covid- 19 memiliki dampak negatif tetapi juga berdampak positif. Efek positif dari virus corona ini adalah pelaku usaha yang sebelumnya tidak menjual barang sanitizer kini menjual varian dari barang tersebut. Beberapa dampak negatif covid-19 yang menyebabkan penurunan pada pendapatan mereka seperti penurunan tingkat produksi, penurunan pendapatan, pembatasan perlakuan PSBB dan perkembangan pasar yang terhambat. membaik. Kondisi pada saat pasca pandemi covid-19 yaitu Proses produksi dan Distribusi yang stabil kembali, Pendapatan yang mulai meningkat.Tidak hanya itu pada lokasi industri Kecamatan Sooko merupakan lokasi yang strategis karena cukup dekat dan juga memiliki kaitan dengan Kota Surabaya. Hal inilah yang memberi daya tarik serta keuntungan dalam hal lokasiyang tepat dan strategis. Para pelaku UMKM berharap pemerintah untuk menginstruksi kepada aparatur pemerintahan untuk menggunakan alas kaki asli dari Kecamatan Sooko sebagai bentuk cinta produk lokal sekaligus dalam rangka meningkatkan perekekonomian di kota Mojokerto dan menutup produk bekas dari luar negri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurdamayanti, Eva Firdhafirdhayanti724@gmail.comG01219009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Ekonomi
Industri RumahTangga
Industri Kecil
Keywords: Covid-19; UMKM; ekonomi industri
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Eva Firdha Nurdamayanti
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:49
Last Modified: 06 Oct 2023 04:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65807

Actions (login required)

View Item View Item