Pengaruh etika bisnis islam dan persaingan usaha terhadap perilaku pengusaha muslim ayam petelur Kecamatan Panceng Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanifah, Alfina Putri Winny (2023) Pengaruh etika bisnis islam dan persaingan usaha terhadap perilaku pengusaha muslim ayam petelur Kecamatan Panceng Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfina Winny Putri Hanifah_G04219004 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Persaingan Usaha Terhadap Perilaku Pengusaha Muslim Ayam Petelur Kecamatan Panceng Gresik” ini merupakan hasil dari peneltian dengan metode kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan terkait pengaruh etika bisnis islam dan persaingan usaha terhadap perilaku pengusaha muslim kecamatan Panceng Gresik. Pada penelitian kuantitatif ini menggunakan metode survei. Dengan populasi 52 pengusaha ayam petelur yang akan diambil sampel sebanyak 44 pengusaha ayam petelur. Penelitian kuantitatif ini mengguna data yang diolah dengan bantuan SPSS versi 29 dengan menggunakan model regresi linear berganda dengan melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Sumber data yang akan digunakan adalah data primer yang diambil langsung dari responden dan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal dan referensi lainnya. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel etika bisnis islam secara parsial memiliki pengaruh positif sebesar Thitung 4,037 > Ttabel 2,019. Variabel persaingan usaha secara parsial berpengaruh negatif sebesar Thitung 1,038 < Ttabel 2,019. Kemudian secara simultan etika bisnis islam dan persaingan usaha berpengaruh positif sebesar Fhitung 8,488 > Ftabel 3,220 dengan nilai R square sebesar 30%. Dengan ini diharapkan para pengusaha muslim ayam petelur di Kecamatan Panceng Gresik dapat menerapkan etika bisnis islam dengan baik sesuai syariat islam agar berdampak baik pada perilaku pengusaha dalam kegiatan sehari - hari. Selain itu, pengusaha muslim ayam petelur di Kecamatan Panceng Gresik ini tetap mempertahankan persaingan usaha secara sehat agar tidak menimbulkan perilaku negatif antar sesama pengusaha muslim ayam petelur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanifah, Alfina Putri Winnyg04219004@student.uinsby.ac.idG04219004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAtho'illah, Akhmad Yunanyunan.athoillah@gmail.com2005018101
Subjects: Ekonomi Islam
Bisnis
Etika
Keywords: Etika bisnis islam; persaingan usaha dan perilaku pengusaha muslim
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Alfina Winny Putri Hanifah
Date Deposited: 07 Oct 2023 05:42
Last Modified: 07 Oct 2023 05:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65863

Actions (login required)

View Item View Item