جلاا عارصلا"بلاكلاو صللا " ةياور في يعامت ظوفمح بيجنل (بدلأا ةساردةي يعامتجلإا)ة ىليمكت ثبح

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Magnesi, Muhammad Farauq (2023) جلاا عارصلا"بلاكلاو صللا " ةياور في يعامت ظوفمح بيجنل (بدلأا ةساردةي يعامتجلإا)ة ىليمكت ثبح. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Farauq Magnesi_A91218104.pdf

Download (2MB)

Abstract

Novel ini menceritakan tentang perjalanan seseorang bernama Said Mahran tentang dendam kesumat atas suatu pengkhianatan yang dia alami dalam kehidupan nya. Dia dikhianati oleh teman seperjuangan nya dan istrinya sendiri karena itulah dia menanamkan niat untuk balas dendam kepada orang-orang yang telah mengkhianatinya di masa lalu. Peneliti menganggap novel karya Najib Mahfouz ini layak atau dapat di jadikan bahan penelitian karena didalam novel ini menceritakan banyak sekali konflik berupa pengkhianatan yang ternyata bisa terjadi dari kalangan orang-orang yang sangat dekat kepada kita. Dalam ulasan ini, fokus riset ini kepada (1). Apa saja konflik sosial yang terdapat didalam Novel pencuri serta anjing- anjing? (2). Apa saja bentuk konflik sosial pada Novel pencuri serta anjing- anjing? Teori yang dipakai untuk melakukan penelitian ini adalah teori konflik sosial Menurut Soerjono Soekanto. Terdapat tiga jenis konflik sosial, yaitu konflik antara individu dengan indidu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Pendekatan yang digunakan dalam riset ini merupakan pendekatan sosiologi sastra. Sebaliknya metodenya merupakan deskriptif kualitatif. Deskriptif maksudnya menguraikanataupun mendeskripsikan informasi yang berbentuk kalimat. Sebaliknya kualitatif ialah informasi yang terkumpul berupa kalimat sehingga tidak menekankan pada angka, yang dicoba pada keadaan yang alamiah, langsung ke sumber informasi serta periset merupakan instrument kunci. Hasilnya, peneliti mendapatkan adanya 18 konflik sosial dalam novel“ Pencuri serta Anjing-anjing” karya Najib Mahfudz. Bentuk- bentuk konflik dalam novel ini antara lain ada dalam wujud: (16) konflik antar Individu, dan (2) konflik antar Orang serta Kelompok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Magnesi, Muhammad Farauqmfaruqfans692@gmail.comA91218104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, Fathurfathurrohim0169@gmail.com2025016901
Thesis advisorUbet, Abdullohubaid.auza@gmal.com2007056602
Subjects: Sastra
Keywords: Konflik Sosial; Pencuri dan Anjing-anjing.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2023 08:49
Last Modified: 03 Oct 2023 08:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65866

Actions (login required)

View Item View Item