Pengaruh aliran kas bebas dan kebijakan dividen terhadap keputusan pendanaan melalui set kesempatan investasi sebagai variabel moderasi: studi empiris pada perusahaan sektor consumer non cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Syania Mahrus (2023) Pengaruh aliran kas bebas dan kebijakan dividen terhadap keputusan pendanaan melalui set kesempatan investasi sebagai variabel moderasi: studi empiris pada perusahaan sektor consumer non cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syania Mahrus Salsabila_G92219123 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keputusan pendanaan merupakan keputusan yang ditetapkan oleh manajer untuk kelangsungan hidup perusahaan dalam mendanai kegiatan operasionalnya. Keputusan ini berhubungan dengan laba perusahaan berupa modal ataupun dividen. Sehingga beberapa indikator seperti arus kas dan investasi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan dalam alokasi dana perusahaan. Penilitan ini dilakukan untuk menguji pengaruh aliran kas bebas dan kebijakan dividen terhadap keputusan pendanaan dengan set kesempatan investasi sebagai variabel moderasi di perusahaan sektor consumer non cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder yang terdiri dari laporan keuangan perusahaan yang berada di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan website resmi perusahaan. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 84 perusahaan yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Jenis data penelitian ini adalah data panel yang diolah melalui software Eviews versi 12 serta menggunakan analisis regresi data panel dan uji interaksi moderasi berupa Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil dari penelitian ini adalah aliran kas bebas memiliki pengaruh terhadap keputusan pendanaan. Hasil dari penelitian ini juga menyatakan bahwa set kesempatan investasi dapat memperkuat pengaruh aliran kas bebas terhadap keputusan pendanaan. Namun kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap keputusan pendanaan, dan set kesempatan investasi memperlemah pengaruh kebijakan dividen terhadpa keputusan pendanaan. Penelitian ini memberikan informasi yang berhubungan dengan komponen keuangan sehingga perusahaan ataupun manajer keuangan dapat lebih memperhatikan sistem keuangan yang digunakan agar hasil dari kinerja perusahaan dapat dialokasikan sesuai dengan prioritas dan kebutuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Syania Mahrussyaniamahrus52@gmail.comG92219123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNufaisa, Nufaisanufaisa@uinsby.ac.id2031078904
Subjects: Bursa Saham
Investasi
Indeks
Keuangan
Keywords: Aliran Kas Bebas; Kebijakan Dividen; Keputusan Pendanaan; Set Kesempatan Investasi; Consumer Non Cyclicals.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Syania Mahrus Salsabila
Date Deposited: 07 Oct 2023 07:20
Last Modified: 07 Oct 2023 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65874

Actions (login required)

View Item View Item