Studi komparatif metode tahfidz alquran di pondok pesantren tahfidzil qur’an al asror mlajah bangkalan dan Pondok Pesantren As Shomadiyah Burneh Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Mar’atus (2020) Studi komparatif metode tahfidz alquran di pondok pesantren tahfidzil qur’an al asror mlajah bangkalan dan Pondok Pesantren As Shomadiyah Burneh Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mar’atus Sholihah_E03216025.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Mar’atus Sholihah_E03216025_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 March 2027.

Download (5MB)

Abstract

Pesantren yang menghususkan diri dalam penghafalan Alquran atau biasa disebut Pesantren tahassus Alquran. Masing-masing pesantren mempunyai cara atau metode dalam pendidikan penghafalan Alquran demi untuk menghasilkan seorang tahfidz yang berkualitas. Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Al-Asror Mlajah Bangkalan dan pondok pesantren As Shomadiyah Burneh Bangkalan adalah salah satu pesantren yang menuntut santrinya untuk menghafal, memahami dan mengamalkan Alquran yang sering disebut Pondok Tahfidz. Kedua Pesantren tersebut memang tidak mengkhususkan santrinya dalam menghafal Alquran karena disana para santri juga terikat dengan sekolah formal dan sekolah diniyah. Seorang santri penghafal Alquran juga pasti memiliki kesibukan lain diluar kegiatan menghafal dan menjaga hafalan Alqurannya, oleh karena itu, terdapat banyak cara atau metode yang digunakan oleh pengasuh Pondok Pesantren Tahfidz dalam mendukung santrinya dalam proses menghafal Alquran. Hal tersebutlah yang menarik penulis untuk mengadakan penelitian guna mengetahui karakteristik dari kedua pesantren yang menghususkan diri dalam pendidikan Alquran (menghafal Alquran) sebagai pendidikan utamanya, tanpa menghilangkan tradisi kitab kuning didalamnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Mar’atusatussholihah1998@gmail.comE03216025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIffah, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id2013076902
Thesis advisorBilla, Mutamakkin-197709192009011007
Subjects: Metode Pembelajaran
Pesantren
Al Qur'an
Keywords: pondok pesantren; santri; tahfidz quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Mar’Atus Sholihah
Date Deposited: 08 Mar 2024 05:00
Last Modified: 08 Mar 2024 05:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/65992

Actions (login required)

View Item View Item