Retorika dakwah Gus Baha’: analisis ceramah Gus Baha’ tentang menemukan hidup sejati di YouTube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Murti, Galuh Kartika (2023) Retorika dakwah Gus Baha’: analisis ceramah Gus Baha’ tentang menemukan hidup sejati di YouTube. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Galuh Kartika Murti_B01219016 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Galuh Kartika Murti_B01219016 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan mengetahuai terkait aspek Pathos, Logos, Etos, dan retorika dakwah yang digunakan oleh Gus Baha’ dalam Channel Youtube Menemukan Tujuan Hidup Sejati. Untuk mendeskripsikan tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan metode analsisi teks media, dalam bingkai teori retorika, dan retorika dakwah. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Bahwa retorika yang digunakan oleh Gus Baha memenuhi tujuan dan fungsi retorika, yakni: informasi massa, Pendidikan massal dan penyediaan pendidikan, persuasi dan pengaruh massa, serta hiburan masal. (2) Logos dalam ceramah Gus Baha’ yang dimaksud adalah bukti yang tampak, dalam Analisa peneliti bukti yang tampak adalah Al-Qur’an yang telah diterangkan oleh Gus Baha, serta beberapa cerita-cerita para sahabat, Ulama yang diabadikan di kitab-kitab salaf. (3) Pathos dalam ceramah Gus Baha’ adalah ketika Gus Baha sedang menceritakan pengalamannya sebagai kyai kampung, dan berharap komunikan (para santri) menggambil contoh dan dapat pelajaran dari pengalaman beliau. (4) Ethos dalam ceramah Gus Baha’ mencakup phronesis (kemampuan dan kebijaksanaan pada si pembicara dilihat pada kecerdasan pembicara), arate (kebaikan dan kehebatan pada si pembicara dilihat pada kredibilitas dan reputasi seorang pembicara), eunoia (niatan yang baik dari si pembicara tujuan pembicara ketika menyampaikan pesan). Namun, Gus Baha lebih dominan pada ethos yakni kemampuan dan kebijaksanaan pada si pembicara dilihat pada kecerdasan pembicara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Murti, Galuh Kartikakartikamurti3@gmail.comB01219016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsby.ac.id2021087302
Subjects: Dakwah > Dakwah - Islam
Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Retorika
Keywords: Retorika; da'wah; gus Baha
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: galuh kartika murti
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:35
Last Modified: 07 Aug 2024 04:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66015

Actions (login required)

View Item View Item