Pengaruh social media marketing dan e-service quality terhadap loyalitas pelanggan percetakan Barokah Sticker Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rokhman, Imam Fatkhur (2023) Pengaruh social media marketing dan e-service quality terhadap loyalitas pelanggan percetakan Barokah Sticker Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Fatkhur Rokhman_G03217020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Era digital menjadi transformasi dunia usaha yang mampu memberikan dampak bagi setiap masyarakat dalam setiap aspek kehidupan. Perangkat internet menjadi media elektronik yang dapat digunakan sebagai aktivitas komunikasi, riset, transaksi bisnis dan sebagainya. Kemudahan ini memberikan manfaat bagi setiap orang dalam mencari jangkauan luas dalam media pemasaran dan bisnis. Dalam kaitan penelitian yang dilakukan, penulis bermaksud untuk menelaah sejauh mana Barokah Sticker Surabaya dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Sebagai pelaku UMKM yang berdiri sejak tahun 2016 tentunya memberikan tantangan tersendiri dalam mengikuti perkembangan teknologi secara global. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dan dominasi variabel pada Social Media Marketing dan E-Service Quality yang memiliki pengaruh secara parsial dan simultan terhadap Loyalitas Pelanggan Percetakan Barokah Sticker Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan penggunaan sampel sebanyak 115 konsumen dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis dengan aplikasi SPSS 16.0. Penelitian menghasilkan bahwa Social Media Marketing dan E-Service Quality secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Percetakan Barokah Sticker Surabaya. Apabila Social Media Marketing dan E-Service Quality meningkat maka loyalitas dari pelanggan juga akan menigkat. Variabel yang mendominasi dalam penelitian adalah E-Service Quality dalam melihat konsumen dapat menjadi loyal. Penelitian ini memberikan rekomendasi bahwa dalam meningkatkan loyalitas konsumen dapat mengembangkan Social Media Marketing dan E-Service Quality. Faktor Social Media Marketing dan E-Service Quality pada usaha percetakan menjadi penting dimana pemenuhan konten sosial media lainnya melalui promosi dapat mempermudah konsumen dalam mengakses dan menghubungi penjual untuk mencari barang yang dibutuhkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rokhman, Imam Fatkhurfatkhurrokhman49@gmail.comG03217020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah@uinsby.ac.id--
Subjects: Media Sosial
Pemasaran
Wirausaha
Keywords: Usaha percetakan; social media marketing; e-service quality; loyalitas pelanggan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Imam Fatkhur Rokhman
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:31
Last Modified: 12 Oct 2023 07:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66045

Actions (login required)

View Item View Item