Hubungan persepsi risiko dengan perilaku mengambil risiko selama pandemi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Luthfiana, Hanif (2023) Hubungan persepsi risiko dengan perilaku mengambil risiko selama pandemi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanif Luthfiana_J71217069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi risiko terhadap perilaku mengambil risiko pada masyarakat Jawa Timur selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan subjek masyarakat Jawa Timur dalam rentang usia produktif (15-64 tahun) sebanyak 300 orang. Instrumen yang digunakan adalah DOSPERT (Domain Specific Risk Taking) yang telah dimodifikasi untuk mengukur perilaku mengambil risiko dan instrumen persepsi risiko. Desain dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment pearson dengan nilai signifikansi sebesar 0,007 (<0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,156. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi risiko memiliki hubungan positif dengan perilaku mengambil risiko, artinya hipotesis dari penelitian ini ditolak. Namun nilai keterikatan hubungan antara persepsi risiko dengan perilaku mengambil risiko sangat lemah sehingga perlu dikaji kembali situasi pandemi ketika penelitian ini dilaksanakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Luthfiana, Hanifhanifluthfiana@gmail.comJ71217009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuryani, Suryanitaqi_77@yahoo.com2012087701
Subjects: Masyarakat
Pengambilan Keputusan
Vaksinasi
Keywords: Persepsi risiko; perilaku mengambil risiko; pandemi; covid-19
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Hanif Luthfiana
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:44
Last Modified: 12 Oct 2023 08:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66046

Actions (login required)

View Item View Item