Strategi komunikasi politik dalam pemilihan Kepala Desa Banjargondang Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asih, Akhmat Dwi Satriyo (2023) Strategi komunikasi politik dalam pemilihan Kepala Desa Banjargondang Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhmat Dwi Satriyo Asih_B06216005 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, sebagaimana membahas mengenai strategi komunikasi politik yang dilakukan kandidat kepala desa dalam pemilihan kepala desa 2019 di desa Banjargondang, Bluluk, Lamongan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan mendeskripsikan strategi komunikasi politik yang digunakan dalam proses memenangkan pemilihan kepala desa, serta hambatan apa saja yang terjadi dalam realisasi guna mendapatkan dukungan suara dari masyarakat. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data yakni hasil wawancara dengan informan dan data pendukung lainnya. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teori Empati dan Homofili. Penelitian ini menjelaskan bahwa, 1) strategi komunikasi politik yang dilakukan oleh kandidat kepala desa telah melalui berbagai macam tahapan dan diklasifikasikan sebagai berikut: keberadaan pemimpin politik, merawat ketokohan, menciptakan kebersamaan dan negoisasi. 2) hambatan dalam penerapan strategi komunikasi politik untuk mendapatkan dukungan masyarakat yakni: keterbatasan sumber daya, tingkat literasi pendidikan dan sikap skeptisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asih, Akhmat Dwi Satriyoakhmat.dsa@gmail.comB06216005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Aliali.nurdin@uinsby.ac.id2002067101
Subjects: Komunikasi
Keywords: Komunikasi politik; kepala desa; pemilihan kepala desa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Asih Akhmat Dwi Satriyo
Date Deposited: 16 Oct 2023 05:16
Last Modified: 16 Oct 2023 05:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66050

Actions (login required)

View Item View Item