Pengaruh pengantar akuntansi, Self-Regulated Learning, dan perilaku belajar terhadap hasil belajar akuntansi dalam transisi pembelajaran daring ke luring dengan Self-Efficacy sebagai moderasi: studi pada mahasiswa akuntansi UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solihah, Mar'atus (2023) Pengaruh pengantar akuntansi, Self-Regulated Learning, dan perilaku belajar terhadap hasil belajar akuntansi dalam transisi pembelajaran daring ke luring dengan Self-Efficacy sebagai moderasi: studi pada mahasiswa akuntansi UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mar'atus Solihah_G72219054 Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Mar'atus Solihah_G72219054 OK.pdf

Download (738kB)

Abstract

Program studi akuntansi menuntut mahasiswa lulusannya dari berbagai universitas (perguruan tinggi) untuk memiliki kemampuan dalam pemahaman ilmu akuntansi. Kemampuan mahasiswa dalam belajar saat ini, sangatlah difasilitasi dengan kemajuan teknologi yang bisa menunjang keberhasilan studinya. Namun, keberhasilan dan pencapaian terbaik ini tidak akan efektif jika tidak diimbangi dengan perencanaan belajar yang baik dalam pemanfaatannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengantar akuntansi, self-regulated learning, dan perilaku belajar terhadap hasil belajar akuntansi dalam transisi pembelajaran daring ke luring dengan self-efficacy sebagai moderasi pada mahasiswa akuntansi UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 114, yang diperoleh melalui metode purpose sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengantar akuntansi berpengaruh signifikan positif terhadap hasil belajar, self-regulated learning tidak berpengaruh tergadap hasil belajar, dan perilaku belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar. Namun pengantar akuntansi, self-regulated learning, dan perilaku belajar secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar. Kemudian variabel self-efficacy memoderasi hubungan antara pengantar akuntansi dengan hasil belajar, namun tidak memoderasi hubungan antara self-regulated learning dengan hasil belajar serta hubungan perilaku belajar dengan hasil belajar.Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pendidik juga mahasiswa untuk saling bekerja sama dalam mewujudkan pembelajaran yang menarik dalam masa peralihan yang membuat mahasiswa kembali fokus dan semangat mengikuti pembelajaran. Selain itu, diharapkan mahasiswa dapat menuntun dirinya dalam menyusun perencanaan belajar yang optimal dan mengurangi perilaku yang menyebabkan terganggunya fokus belajar mahasiswa agar mereka berkompeten di bidangnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solihah, Mar'atusmaratussolihah200@gmail.comG72219054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNufaisa, Nufaisanufaisa@uinsby.ac.id2031078904
Subjects: Akuntansi
Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: pengantar akuntansi; self-regulated learning; perilaku belajar; hasil belajar
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Maratus Solihah
Date Deposited: 08 Dec 2023 01:32
Last Modified: 08 Dec 2023 01:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66094

Actions (login required)

View Item View Item