Hubungan manajemen sarana dan prasarana terhadap layanan mutu pendidikan di MAN Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muthoharoh, Waffaq Zahru (2023) Hubungan manajemen sarana dan prasarana terhadap layanan mutu pendidikan di MAN Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Waffaq Zahru Muthoharoh_D73219060 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang hubungan manajemen sarana dan prasarana terhadap layanan mutu Pendidikan di MAN Kota Surabaya. Hal ini karena salah satu faktor penting dalam proses Pendidikan adalah sarana dan prasarana Pendidikan, bagaimana cara mengelola atau memanajemenya dan pelayanan mutu Pendidikan. Menurut Ibrahim Bafadal manajemen sarana dan prasarana adalah proses kegiatan pengaturan sarana dan prasarana mulai dari perencanaan, pengadaan, inventarisasi, pendistribusian, pemanfaatan, pemeliharaan, pemusnahan, dan pertanggung jawaban terhadap barang-barang bergerak dan tidak bergerak perabot sekolah alat belajar dan lain-lain. Menurut Edward Sallis dalam bukunya Total Quality Management Education, mutu merupakan suatu hal yang berkaitan dengan gairah dan harga diri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen sarana dan prasarana terhadap layanan mutu pendidikan di MAN Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua variabel yaitu variabel manajemen sarana dan prasarana dan variabel layanan mutu pendidikan. Objek penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Kota Surabaya dengan jumlah responden 93 orang tua siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket/kuesioner. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket skala likert. Setelah angket terkumpul, peneliti melakukan uji validitas dengan rumus korelasi product moment dan uji reabilitas dengan rumus cronbach alpha. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi pearson, dimana sebelum melakukan analisis peneliti melakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan linieritas. Peneliti dalam melakukan analisis data dibantu dengan Aplikasi SPSS 20 for windows. Dari pengujian data diketahui hasil telah diperoleh skor korelasi sebesar 0.488 dengan signifikansi p=0.000 < 0.05. Artinya terdapat hubungan antara kepemimpinan partisipatif dengan komitmen organisasi, dari skor yang diperoleh berdasarkan hasil hitung product moment diperoleh nilai sebesar 0.488 maka diketahui bahwa tingkat korelasinya tinggi. Berdasarkan besarnya hubungan variabel manajemen sarana dan prasarana dengan layanan mutu pendidikan menandakan bahwa faktor manajemen sarana dan prasarana cukup kuat untuk membentuk layanan mutu pendidikan yang tinggi di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muthoharoh, Waffaq Zahruwaffaqzahrumuthoharoh@gmail.comD73219060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Thesis advisorFauzi, Ahmadahmad.fauzi@uinsby.ac.id2025057904
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Sumber Daya Manusia
Keywords: Management; Facilities; Infrastructure and Quality Services.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: WAFFAQ ZAHRU MUTHOHAROH
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:06
Last Modified: 16 Oct 2023 04:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66097

Actions (login required)

View Item View Item