Pesan dakwah dan pendekatan komunikasi dalam film “99 Nama Cinta”

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzzaki, Akhmad (2023) Pesan dakwah dan pendekatan komunikasi dalam film “99 Nama Cinta”. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhmad Muzzaki_B71218046 OK.pdf

Download (862kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pesan dakwah dan pendekatan komunikasi dalam film 99 Nama Cinta berdasarkan analisis semiotika Roland Barthes? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah dan pendekatan komunikasi dalam film 99 Nama Cinta berdasarkan analisis semiotika Roland Barthes. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis teks media untuk menjawab focus permasalahan di atas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes dengan dua tahapan signifikansi, yaitu denotasi dan konotasi. Teknik pengumpulan data, teknik validitas data, teknik analisis data. Dengan cara meneliti adegan-adegan yang ditampilkan dalam film 99 Nama Cinta. Peneliti menyimpulkan bahwa pesan dakwah dalam film 99 Nama Cinta disajikan dalam bentuk adegan-adegan yang ditampilkan oleh para pemainnya meliputi tiga aspek, yaitu: 1. Aqidah yang berkaitan dengan keimanan atau keyakinan kepada Allah SWT. 2. Syariat yang berkaitan dengan aturan atau ketetapan Allah SWT. 3. Moral yang berkaitan dengan perilaku manusia. dan pendekatan komunikasi dalam film 99 Nama Cinta adalah Komunikasi Interpersonal. yang meliputi aspek kepercayaan, dukungan, keterbukaan yang diterapkan oleh komunikator kepada komunikan. Ada beberapa saran yang peneliti sampaikan. yaitu untuk masuk lebih dalam ke studi yang lebih mendetail

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzzaki, Akhmadakhmadmuzakki1@gmail.comB71218046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Sokhisokhi.huda@uinsby.ac.id2128016701
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah - Media
Film
Keywords: Pesan Dakwah; Pendekatan Komunikasi; Semiotik Roland Barthes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2023 11:28
Last Modified: 12 Oct 2023 11:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66117

Actions (login required)

View Item View Item