Efektivitas strategi digital fundraising melalui media sosial dalam meningkatkan perolehan zakat infaq sedekah pada yatim mandiri cabang Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Adristi (2023) Efektivitas strategi digital fundraising melalui media sosial dalam meningkatkan perolehan zakat infaq sedekah pada yatim mandiri cabang Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adristi Dwi Cahyani_G75219032.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan yang disampaikan untuk menjawab rumusan masalah mengenai pelaksanaan serta analisis mengenai efektivitas dari strategi digital funudraising pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Yatim Mandiri Cabang Malang dalam peningkatan perolehan dana zakat, Infaq, dan sedekah. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan atau field reseacrh yaitu di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Yatim Mandiri Cabang Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer diambil Kepala Cabang, Karyawan (ZISCO) dan Keuangan Lembaga Amil Zakat penghimpunan dana zakat infaq sedekah. Sedangkan untuk data sekunder diambeli melalui data dengan melihat dari berbagai literatur yang dapat menunjang penelitian ini. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pelaksanaan strategi digital fundraising melalui media sosial pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Yatim Mandiri Cabang Malang dengan melaksanakan segmentation, targeting, positioning, selling, service. Kemudian terkait dengan efektivitas strategi digital fundraising pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Yatim Mandiri Cabang Malang dalam peningkatan perolehan dana zakat infaq sedekah, dari hasil penelitian ini adalah dalam penghimpunan dana zakat digital fundraising melalui media sosial bisa dikatakan efektif kerena telah sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh James L. Gibson, yaitu bisa dinyatakan efektif jika sesuai dengan produktivitas dalam pencapaian tujuan, kemampuan adaptasi, kepuasan kerja dan pengembangan. Dalam penelitian ini Yatim Mandiri Cabang Malang telah memenuhi teori yang telah dikemukakan Gibson. Dampak strategi fundraising berbasis media sosial yang dilakukan oleh Yatim Mandiri Cabang Malang termasuk dalam tangible benefit dan Intagible benefit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Adristiadristi.dwi24@gmail.comG75219032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandrianisamsuri@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Manajemen
Media Sosial
Zakat
Keywords: Strategi digital fundraising; media sosial; zakat; infaq; sedekah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Adristi Dwi
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:45
Last Modified: 17 Oct 2023 04:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66145

Actions (login required)

View Item View Item