KORELASI ANTARA METODE DISKUSI DENGAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI FIQIH DI TARBIYATUL MUALIMAT WALI SONGO NGABAR PONOROGO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suriana, Suriana (2000) KORELASI ANTARA METODE DISKUSI DENGAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI FIQIH DI TARBIYATUL MUALIMAT WALI SONGO NGABAR PONOROGO. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia yang berlangsung seumur hidup serta menjadi tanggung jawab bersama antara orang tua, sekolah dan masyarakat. Hal ini dinyatakan dalam tap MPR N0. 11/1988. Dengan demikian, dipundak mereka terpikul keikutsertaan membimbing pertumbuhan dan perkembangan anak. Ini berarti bahwa pemimpin dan penguasa dari masyarakat ikut bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pendidikan. Sebab tanggung jawab pendidikan pada hakekeatnya merupakan tanggung jawab moral dari setiap orang dewasa, baik sebagai perorangan maupun sebagai kelompok sosial.
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas adalah sebagai berikut 1). Apakah ada korelasi antara metode diskusi dengan prestasi belajar? 2). Apakah ada korelasi antara metode diskusi dengan peningkatan prestasi belajar bidang studi fiqih di tarbiyatul mualimat wali songo ngabar ponorogo?
Dalam pembahasan ini menggunakan metode induksi dan metode deduksi. Metode Induksi yaitu hal hal yang bersifat khusus kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum, hal ini sesuai dengan berfikir induktif yaitu berangkat dari fakta fakta yang khusus yang kongkrit itu ditarik generalisasi yang mempunyai sifat umum. Metode deduktif yaitu kaidah kaidah yang bersifat umum kemudian dianalisa secara terperinci, sehingga berlakulah kaidah tersebut pada peristiwa peristiwa yang khusus.
Adapun kesimpulannya adalah sebagai berikut Bahwa ada korelasi antara metode diskusi dengan prestasi belajar di mualimat wali songo ponorogo. Ada korelasi antara metode diskusi dengan peningkatan prestasi belajar bidang studi fiqih di mualimat wali songo ponorogo. Hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan korelasi product moment bahwa hasil perhitungan r kerja yang bernilai 771 lebih besar dari pada taraf signifikansi 5% yang diperoleh nilai 0279 dan taraf signifikansi 1% diperoleh nilai 0,61 (0,771>0,279/,361).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suriana, SurianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Prestasi belajar; pendidikan; metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 3213 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 02:14
Last Modified: 26 May 2016 02:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6616

Actions (login required)

View Item View Item