Penerapan pembelajaran matematika model creative problem solving (CPS) berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kristanti, Gitta Ayu (2023) Penerapan pembelajaran matematika model creative problem solving (CPS) berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gitta Ayu Kristanti_D94218054.pdf

Download (5MB)

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi kreatif peserta didik. Berpikir kreatif merupakan kemampuan yang dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah matematika diantaranya pada langkah perumusan, penafsiran, dan penyelsaian model atau perencanaan penyelesaian masalah. Namun pada kenyataannya, kemampuan berpikir kreatif peserta didik masih tergolong rendah. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu model Creative Problem Solving (CPS) dengan berbantuan geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan sintaks, aktivitas siswa, dan respon siswa, serta untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah penerapan pembelajaran matematika model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan geogebra. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-D SMPN 1 Jabon yang terdiri dari 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan sintaks, lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket respon siswa, dan lembar tes kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan setelah penerapan pembelajaran matematika model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan geogebra. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Keterlaksanaan sintaks pembelajaran matematika model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan geogebra didapatkan persentase 90%. Sehingga, penerapan pembelajaran model Creative Problem Solving berbantuan geogebra terlaksana dengan kategori baik. 2) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran model Creative Problem Solving berbantuan geogebra memperoleh persentase aktivitas siswa yang mendukung KBM sebesar 87,9% dan persentase aktivitas siswa yang tidak mendukung KBM 12,1%. 3) Respon siswa terhadap pembelajaran model Creative Problem Solving berbantuan geogebra memperoleh rata-rata persentase 74,58% dengan kriteria baik. 4) Kemampuan berpikir kreatif siswa setelah pembelajaran model Creative Problem Solving berbantuan geogebra mengalami peningkatan berkriteria sedang, dengan nilai N-Gain yang diperoleh 0,3227.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kristanti, Gitta Ayuggiiayu@gmail.comD94218054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Pendidikan > Matematika Realistik
Keywords: Creative problem solving (CPS); geogebra; kemampuan berpikir kreatif siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Gitta Ayu Kristanti
Date Deposited: 17 Oct 2023 02:48
Last Modified: 17 Oct 2023 02:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66161

Actions (login required)

View Item View Item