Pengorganisasian pemuda dalam upaya peningkatan kapasitas literasi anak di Dusun Duluran Desa Gedangsewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahna, Adhitya Krisdha (2023) Pengorganisasian pemuda dalam upaya peningkatan kapasitas literasi anak di Dusun Duluran Desa Gedangsewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adhitya Krisdha Cahna_B92219079.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang proses pendampingan yang dilakukan kepada pemuda dan anak-anak Dusun Duluran sebagai upaya peningkatan kapasitas literasi anak yang ada di Dusun Duluran Desa Gedangsewu. Dalam penelitian ini berisikan tentang bagaimana strategi pendampingan dan bagaimana perubahan sebelum dan sedudah dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan ABCD (Asset Bassed Community Development) dimana metode ini memfokuskan pada aset yang ada di untuk dimobilisasikan untuk memajukan literasi anak. Dalam metode ini memiliki tahapan yang biasanya disebut dengan siklus 5-D yaitu Define, Discovery, Dream, Design, dan Destiny. Hasil dari pendampingan ini adalah meningkatnya pengetahuan anak-anak Dusun Duluran melalui Rumah Literasi. Dalam mewujudkan hal tersebut, para pemuda dusun Duluran bersama peniliti dan warga menyediakan tempat untuk anak-anak tersebut sebagai wadah literasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahna, Adhitya Krisdhaadityaahna@gmail.comB92219079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitryah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Masyarakat
Organisasi Masyarakat
Pengabdian Masyarakat
Keywords: Pemberdayaan; pengorganisasian pemuda; peningkatan literasi anak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Adhitya Krisdha Cahna
Date Deposited: 23 Oct 2023 05:27
Last Modified: 23 Oct 2023 05:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66217

Actions (login required)

View Item View Item