Peranan KH. Najih Ahjad dalam memajukan Pondok Pesantren Yayasan Kebangkitan Ummat Islam Maskumambang Dukun Gresik (1965-2015)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmi, Muhammad Izzuddin Fadllu (2023) Peranan KH. Najih Ahjad dalam memajukan Pondok Pesantren Yayasan Kebangkitan Ummat Islam Maskumambang Dukun Gresik (1965-2015). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muh. Izzuddin Fadllu Ilmi_A92218112_ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peranan KH.Najih Ahjad Dalam Memajukan Pondok Pesantren Yayasan Kebangkitan Umat Islam Maskumambang Dukun Gresik Tahun 1965-2015 M.”Adapun untuk mengkaji beberapa permasalahan, yaitu (1) Bagaimana biografi KH. Najih Ahjad ? (2) Bagaimana Profil Pondok Pesantren Yayasan Kebangkitan Ummat Islam Maskumambang Dukun Gresik ? (3) Bagaimana kebijakan yang dilakukan oleh KH. Najih Ahjad dalam Memajukan Pondok pesantren Yayasan Kebangkitan Ummat Islam Maskumambang Dukun Gresik?. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis deskriptif kemudian dibantu dengan teori peran dan kepemimpinan serta teori kesinambungan dan perubahan. Dalam pendekatan ini penulis berusaha mendeskripsikan tentang biografi dari KH. Najih Ahjad mulai saat masa kecilnya sampai menjadi pimpinan serta berperan dalam memajukan Pondok Pesantren Yayasan Kebangkitan Ummat Islam Maskumambang. Dalam penelitian ini juga menggunakan metode sejarah melalui beberapa tahapan, yaitu : Heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Dari hasil penelitian ini mengambil tiga kesimpulan antara lain: (1) KH. Najih Ahjad lahir di Blimbing Paciran Lamongan pada tanggal 19 Maret 1936 M. Dari pasangan, KH. Muhammad Ahjad dengan Ning Suhandari. Beliau Selain mengurus Pondok juga aktif di Organisasi Islam dan Partai Politik. (2) Pondok Pesantren Maskumambang yang terletak di Desa Sembungankidul Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik, didirikan oleh KH. Abdul Djabbar pada tahun 1859 M/1281 H. Kemudian dilanjutkan KH. Muhammad Faqih, KH. Ammar Faqih sampai KH. Najih Ahjad. (3) KH. Najih Ahjad merupakan Pengasuh keempat yang berperan memberikan kemajuan yang luar biasa terhadap Pondok Pesantren Maskumambang. Dengan mendirikan lembaga formal mulai dari Madrasah Ibtidaiyah sampai Perguruan Tinggi Memadukan sistem pembelajaran kurikulum pesantren dan madrasah, Lembaga non formal, sarana dan prasarana untuk santri, guru ummat masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmi, Muhammad Izzuddin Fadllumuhzu34@gmail.comA92218112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWasid, WasidUNSPECIFIED2118027401
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Pesantren
Keywords: KH. Najih Ahjad; peranan; memajukan; Pondok Pesantren Maskumambang Dukun Gresik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:19
Last Modified: 02 Jan 2024 04:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66268

Actions (login required)

View Item View Item