Pengaruh perubahan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi dan inflasi terhadap pengeluaran konsumsi rumah tangga di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tsani, Annisa Zahrah (2023) Pengaruh perubahan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi dan inflasi terhadap pengeluaran konsumsi rumah tangga di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Zahrah Tsani_G91219065.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kebutuhan akan BBM semakin meningkat tiap tahunnya. Diketahui, BBM jenis pertalite hampir 80% dikonsumsi oleh masyarakat dibandingkan dengan jenis bensin lainnya. Sebagai ibu kota Jawa Timur dan kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya memiliki jumlah penduduk dan jumlah pengguna kendaraan bermotor yang lebih banyak dibandingkan dengan daerah lainnya di Jawa Timur. Kenaikan pada harga BBM dapat memberikan efek terhadap perekonomian, salah satunya yaitu inflasi. Inflasi tinggi mengakibatkan daya beli masyarakat akan semakin menurun sehingga konsumsi masyarakat ikut menurun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder yang berjenis time series dengan bersumber dari BPS, Kementerian ESDM, dan Pertamina. Teknik pengumpulan data berupa studi literatur dan teknik analisis yang digunakan ialah analisis regresi linier berganda. Secara simultan, perubahan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi dan inflasi berpengaruh signifikan terhadap pengeluaran konsumsi rumah tangga di Surabaya. Koefisien determinasi atau R square sebesar 0,860 yang berarti bahwa pengaruh perubahan harga BBM subsidi dan inflasi terhadap pengeluaran konsumsi rumah tangga di Surabaya yaitu sebesar 86 persen. Secara parsial, harga BBM subsidi berpengaruh signifikan terhadap pengeluaran konsumsi rumah tangga. Variabel inflasi secara parsial memberikan pengaruh tidak signifikan terhadap pengeluaran konsumsi rumah tangga. Inflasi tinggi belum tentu menurunkan tingkat konsumsi masyarakat, karena masyarakat tetap mengonsumsi barang-barang yang masih dibutuhkan. Hal ini sesuai dengan teori inelastisitas permintaan yang menyatakan bahwa apabila terdapat perubahan harga pada suatu produk, maka permintaan produk tersebut tidak akan berdampak signifikan. Perubahan pada harga BBM bersubsidi membuat perekonomian nasional hingga regional seperti Surabaya terganggu. Adapun saran dari peneliti untuk Pemerintah Kota Surabaya untuk tetap menjaga kestabilan tingkat inflasi akibat adanya kenaikan pada harga BBM bersubsidi supaya daya beli masyarakat tetap terjaga dan konsumsi menjadi meningkat yang membuat pengeluaran untuk konsumsi tidak semakin bertambah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tsani, Annisa Zahrahazt.ani68@gmail.comG91219065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.id198106062009012008
Subjects: Ekonomi
Harga Pokok
Konsumen
Keywords: Harga BBM subsidi; inflasi; pengeluaran konsumsi rumah tangga
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Annisa Zahrah Tsani
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:39
Last Modified: 27 Oct 2023 01:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66269

Actions (login required)

View Item View Item