فعالية تطبيق نموذج التعليم write around بالنص الوصفي لترقية مهارة الكتابة لطلاب الصف العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Umi Nur (2023) فعالية تطبيق نموذج التعليم write around بالنص الوصفي لترقية مهارة الكتابة لطلاب الصف العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Nur Azizah_D92219087.pdf

Download (7MB)

Abstract

Peneliti menemukan beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran bahasa Arab di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya, khususnya pada keterampilan menulis. Hal tersebut disebabkan karena perbedaan latar belakang pendidikan siswa dan siswa yang jenuh dan bosan ketika menulis bahasa Arab. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian yaitu menerapkan model pembelajaran Write Around dengan teks deskriptif agar pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa dapat berdiskusi dengan kelompok yang heterogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) keterampilan menulis siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya, 2) penerapan model pembelajaran Write Around dengan teks deskriptif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya, 3) efektivitas penerapan model pembelajaran Write Around dengan teks deskriptif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes serta menggunakan rumus T-test untuk menganalisis data. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya yang berjumlah 411 siswa sedangkan sampel adalah siswa kelas X-11 berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian ini adalah nilai t0 lebih besar daripada tt (12.7>1.68). Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Selain itu, nilai rata rata post test juga lebih besar daripada nilai rata-rata pre test (83>61). Dengan demikian, pernyataan ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan menulis siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya setelah menggunakan model pembelajaran Write Around. Maka penerapan model pembelajaran Write Around dengan teks deskriptif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya dikatakan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Umi Nurd92219087@student.uinsby.ac.idD92219087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAliwafa, Aliwafaaliwafa@uinsby.ac.id2029016802
Thesis advisorNajib, Aanaannajib@gmail.com2015105902
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keterampilan
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Model pembelajaran write around; teks deskriptif; keterampilan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Umi Nur Azizah
Date Deposited: 30 Oct 2023 03:11
Last Modified: 30 Oct 2023 03:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66324

Actions (login required)

View Item View Item