Analisis strategi marketing mix dalam pengiriman barang dan jasa oleh Collection Point Mitra Wonoayu 01 menurut konsep etika Bisnis Al-Ghazali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Alfa Nihayatun (2022) Analisis strategi marketing mix dalam pengiriman barang dan jasa oleh Collection Point Mitra Wonoayu 01 menurut konsep etika Bisnis Al-Ghazali. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfa Nihayatun Ni'mah_G74218068 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian kualitatif deskriptif pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi langsung di CP Mitra Wonoayu 01 dan wawancara dengan informan yaitu owner, 3 (tiga) pekerja, dan 10 (sepuluh) customer pada CP Mitra Wonoayu 01. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan strategi marketing mix 4P CP Mitra Wonoayu 01 menggunakan strategi produk ditunjukkan dengan macammacam layanan yaitu J&T Super, EZ, dan ECO, strategi harga berdasarkan jenis layanan, jarak, dan berat, strategi tempat yang strategis, strategi promosi menggunakan brosur, kalender, iklan pada media sosial, banner, diskon, fasilitas pengemasan dan cashback 3%. Pada CP Mitra Wonoayu 01 yang memenuhi yakni meluruskan niat, melaksanakan fardu kifayah, pasar akhirat yaitu place, jangan terlalu ambisius dalam bisnis yaitu price dan place, menjauhkan segala yang meragukan (syubhat), dan senantiasa introspeksi dalam perdagangan. Sedangkan yang tidak memenuhi yakni pasar akhirat yaitu product, place, dan price serta terus berzikir selama di pasar, jangan terlalu ambisius dalam bisnis yaitu promotion dan product. Penelitian ini memberikan rekomendasi CP Mitra Wonoayu 01 pada indikator promotion dalam hal jangan terlalu ambisius ketika berbisnis perlu dipangkas terkait jam kerja agar tidak terlalu padat dan juga menjadi daerah sekitar. Selain itu, diharapkan dapat menjadi referensi bagi para akademisi pada strategi bauran pemasaran dan etika bisnis Al-Ghazali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, Alfa Nihayatunalfanihayatun09@gmail.comG74218068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasadah, Masadahadahmas@yahoo.co.id2105127801
Subjects: Ekonomi Islam
Bisnis
Keywords: Strategi pemasaran; Marketing mix; Etika bisnis Al-Ghazali
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2023 12:25
Last Modified: 02 Nov 2023 12:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66368

Actions (login required)

View Item View Item