Representasi dakwah muslim minoritas dalam program televisi “My Neighbor Charles”: analisis semiotik menurut Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Intan Ayu (2021) Representasi dakwah muslim minoritas dalam program televisi “My Neighbor Charles”: analisis semiotik menurut Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Ayu Amalia_B91216091.pdf

Download (25MB)
[img] Text
Intan Ayu Amalia_B91216091_Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk representasi dakwah muslim minoritas pada program televisi My Neighbor Charles episode 78 yang menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes. Peneliti memilih program ini sebagai objek penelitian karena meski bukan program berbasis dakwah namun program ini secara tidak langsung mengandung pesan dakwah. Program ini menceritakan seorang muslim yang tinggal di negara minoritas Islam. Peneliti menggunakan metode sintagmatik dan pradigmatik dari pemikiran Roland Barthes dengan tiga pemaknaan tanda yaitu denotatif, konotatif dan mitos. teknik pengumpulan datanya adalah dokumentasi dan observasi, dengan mengumpulkan potongan video dan mengamati data hasil dokumentasi yang telah terkumpul. Peneliti juga menjabarkan hasil penelitian dari data penelitian berdasarkan permasalahan yang diangkat. Berdasarkan hasil penelitian terdapat kesimpulan bahwasanya dari program acara “My Neighbor Charles” dakwah muslim minoritas direpresentasikan dalam bentuk materi dakwah syariah dimana tanda yang ditunjukkan berupa realita bagaimana seorang muslim hidup dan tinggal di negara non Islam yaitu Korea selatan, meski tinggal di negara minoritas Islam keluarga muslim tersebut tidak meninggalkan kewajibanya sebagai seorang muslim. Peneliti berharap agar program acara ini diteliti dari sisi lain dengan menggunakan analisis maupun fokus yang berbeda, agar mendapatkan hasil yang bervariasi dari program acara ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Intan Ayuintanayuamaliaaa@gmail.comB91216091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com2030126801
Subjects: Budaya - Agama
Dakwah
Dakwah > Semiotika
Keywords: Representasi dakwah; muslim minoritas; program televisi My Neighbor Charles; semiotika Roland Barthes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Intan Ayu Amalia
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:11
Last Modified: 29 Nov 2023 01:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66372

Actions (login required)

View Item View Item