Implementasi nilai nilai sufistik dalam proses belajar mengajar santri di Pondok Pesantren Modern al Amanah Junwangi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Meita Nur (2023) Implementasi nilai nilai sufistik dalam proses belajar mengajar santri di Pondok Pesantren Modern al Amanah Junwangi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Meita Nur Cahyani_E07219017.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Meita Nur Cahyani_E07219017_Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini berbicara tentang penerapan nilai nilai sufistik dalam Pondok Pesantren Modern Al-Amanah untuk mengendalikan tantangan pembelajaran Islam saat ini, yakni tantangan globalisasi. Realitas kehidupan saat ini ketika batas antar negara semakin tipis, negara dengan arus internasional, dan teknologi. Oleh karenanya dalam penelitian ini penulis meneliti: Pertama, bagaimana penerapan nilai-nilai sufistik dalam proses belajar mengajar santri dan kedua, apa saja hambatan yang dilalui ketika menerapkan nilai sufistik dalam proses belajar mengajar santri di Pesantren Modern Junwangi Sidoarjo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif yang merupakan proses penelitian yang berusaha memahami fenomena manusia atau sosial, serta menyampaikan wawasan yang mendetail dari sumber informasi. Sedangkan lokasi yang diambil adalah Pesantren Modern Al-Amanah Junwangi, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo. Data diperoleh dari hasil penelitian penulis yaitu melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Untuk nilai-nilai sufistik di Pesantren Al-Amanah santri yang terlibat dalam proses pembelajaran berdasarkan nilai sufistik menunjukkan perkembangan karakter yang meningkat seperti kesabaran, penerimaan (qana'ah) dan keridhaan. Dalam proses belajar mengajar, Ustad atau Ustadzah sangat menekankan kesabaran ekstra terhadap santri. Dan ketika menghadapi santri yang tidak patuh mereka tetap ridha menerimanya. Dengan demikian santri juga menerapkan sikap qana’ah (menerima apapun yang diajarkan di Pondok Pesantren). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai sufistik dalam proses belajar mengajar di pesantren memiliki dampak yang signifikan bagi santri dan pengajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Meita Nurmeitanurcahyani5@gmail.comE07219017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafisahal2@gmail.com2013086001
Subjects: Tasawuf
Keywords: Penerapan nilai sufistik; pondok pesantren modern
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Meita Nur Cahyani
Date Deposited: 06 Nov 2023 02:31
Last Modified: 29 Nov 2023 02:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66381

Actions (login required)

View Item View Item