Slang Words On Rich Brian’s Instagram Caption

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Dwi Nova Noor (2023) Slang Words On Rich Brian’s Instagram Caption. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Nova Noor Aini_A03216014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kata slang yang digunakan oleh Rich Brian dalam tulisan pada foto atau gambar yang dia posting di instagramnya.Penelitian ini menjawab dua rumusan masalah yaitu: (1) Apa saja tipe-tipe kata bahasa gaul pada tulisan di instagram Rich Brian dan (2) Apa saja makna-makna kata bahasa gaul pada tulisan di instagram Rich Brian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti memilih deskriptif kualitatif untuk menemukan, menganalisis, dan mendiskusikan bahasa gaul pada tulisan instagram Rich Brian. Peneliti mencari 21 kata bahasa gaul pada tulisan instagram Rich Brian. Kemudian, peneliti mencari dan mengidentifikasi tipe dan makna kata bahasa gaul yang digunakan oleh Rich Brian dalam tulisan instagramnya. Peneliti menemukan 21 kata bahasa bahasa gaul yang digunakan oleh Rich Brian dalam judul atau tulisan instagramnya. Beberapa tipe yang digunakan oleh Rich Brian adalah potongan, penggabungan, pembentukan, perpaduan, dan singkatan. Pada tipe potongan ada 12 kata bahasa gaul antara lain pic, fav, ur, bro, dad, sumthin, sum lil, tho, playin, em dan yea. Pada tipe penggabungan ada 4 kata bahasa gaul yaitu kinda, wanna, gonna, tryna. Kemudian, pada tipe pembentukan ada 1 kata Bahasa gaul yaitu homie. Pada tipe perpaduan ada 1 kata bahasa gaul yaitu lowkey. Terakhir tipe singkatan ada 3 kata bahasa gaul yaitu LOL, TBT, and LMAO. Tipe kata Bahasa gaul yang sering digunakan oleh Rich Brian adalah potongan dan penggabungan karena tipe itu juga yang kebanyakan digunakan oleh remaja di media social. Jadi, makna pada kata bahasa gaul itu berdasarkan konteks atau isi yang sedang dibicarakan maupun ditulis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Dwi Nova Noordwinovanooraini@gmail.comA03216014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhandoko, Suhandokosuhandoko@uinsby.ac.id2028058902
Subjects: Bahasa Inggris
Keywords: kata bahasa gaul; tipe; makna
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2023 08:18
Last Modified: 05 Nov 2023 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66389

Actions (login required)

View Item View Item