Pengaruh youtube sebagai media pembelajaran terhadap performa akademik peserta didik kelas 8 pada mata pelajaran PAI di SMP Pawiyatan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatulloh Zc, Mohammad Syarif (2023) Pengaruh youtube sebagai media pembelajaran terhadap performa akademik peserta didik kelas 8 pada mata pelajaran PAI di SMP Pawiyatan Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Syarif Hidayatulloh ZC_02040821017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Youtube merupakan platform media sosial yang sangat popular pada masa ini. Kemudahan akses youtube membuat segala informasi menjadi lebih mudah untuk dipelajari dan dikembangkan. Media youtube menjadi salah satu cara untuk meningkatkan performa akademik peserta didik terutama pada Tingkat SMP. Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh penggunaan media YouTube sebagai alat pembelajaran terhadap performa akademik siswa kelas 8 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Pawiyatan. Penelitian dilakukan untuk memahami sejauh mana media YouTube dapat memengaruhi performa akademik peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasy Experimental Design. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan media YouTube dalam pendidikan PAI kelas 8 di SMP Pawiyatan telah sukses secara historis. Bukti dari tingginya tingkat penggunaan media ini dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran daring menggunakan YouTube menjadi indikator kesuksesan tersebut. Analisis data dengan menggunakan perhitungan N Gain menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan media YouTube dan kelas kontrol yang tidak menggunakannya. Kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata sebesar 26%, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai peningkatan sebesar 9%. Uji statistik Whitney U juga mengkonfirmasi bahwa perbedaan ini signifikan, dengan nilai A.Sig sebesar 0,000, yang kurang dari tingkat signifikansi 0,05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatulloh Zc, Mohammad Syarifmuhamadsyarif3@gmail.com02040821017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusdiyah, Evi Fatimaturevifatimatur@uinsby.id2027127301
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Subjects: Media Sosial
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Youtube; media pembelajaran; peserta didik; mata pelajaran PAI
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Syarif Hidayatulloh Zc
Date Deposited: 13 Nov 2023 01:11
Last Modified: 13 Nov 2023 01:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66447

Actions (login required)

View Item View Item