الكلام الإنشائ الطلبي ومعانيه في رواية زقاق المدق لنجيب محفوظ

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaini, Ferina Nurul Hidayati (2023) الكلام الإنشائ الطلبي ومعانيه في رواية زقاق المدق لنجيب محفوظ. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ferina Nurul Hidayati Zaini_A01216018 OK.pdf

Download (951kB)

Abstract

Najib Mahfud adalah seorang novelis Mesir yang mendapatkan Penghargaan Nobel dalam bidang sastra pada tahun 1988. Ia menerbitkan lebih dari 30 novel, banyak dari novelnya mula-mula diterbitkan dalam bentuk seri, termasuk Anak-anak Gebelawi dan Lorong Midaq yang diadaptasi menjadi sebuah film Meksiko yang dibintangi Salma Hayek. Dalam pembuatan ataupun rangkaian cerita novel tentu dibutuhkan penggunaan atau pemilihan kata yang baik dan benar sehingga penyampaiannya dapat dipahami oleh pembaca, yang biasanya para penulis novel menggunakan bahasa sastra untuk mengindahkan kata-katanya, sehingga dengan membaca novel kita dapat mengetahui keistimewaan kata yang digunakan dengan teori ilmu balaghah khususnya kalam insya’ tholabi. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti novel dengan judul skripsi “Kalam Insya’ Tholabi dan Maknanya dalam novel Lorong Midaq Karya Najib Mahfud”. Peneliti ingin mengupas bentuk dan makna kalam insya’ tholabi yang terdapat dalam novel Lorong Midaq karya Najib Mahfud.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk dan makna kalam insya’ tholabi yang ada dalam novel Lorong Midaq karya Najib Mahfud dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teori ilmu balaghah, yang dalam hal ini peneliti menganalisis dan mendeskripsikan bentuk dan makna kalam insya’ tholabi yang ada dalam novel Lorong Midaq. Adapun beberapa hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat diperoleh beberapa data diantara kalam insya’ tholabi yang terdapat dalam novel Lorong Midaq karya Najib Mahfud berjumlah 1104 data dengan rincian istifham sebanyak 670, nida’ sebanyak 200, amar sebanyak 132, nahi sebanyak 58 dan tamanni sebanyak 43.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaini, Ferina Nurul Hidayatiferinzain@gmail.comA01216018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaikhu, Ahmad--2008066801
Subjects: Sastra
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Lorong Midaq; Najib Mahfud
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: ferina zaini
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:04
Last Modified: 23 Nov 2023 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66474

Actions (login required)

View Item View Item