Analisis tingkat pemahaman pengguna facebook dalam melindungi data privasi berdasarkan gender di kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, Muhammad Kholilur (2023) Analisis tingkat pemahaman pengguna facebook dalam melindungi data privasi berdasarkan gender di kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Muhammad Kholilur Rohman_H96219054.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada saat ini pengguna media sosial telah berjumlah 191,4 juta. Dari jumlah pengguna sosial media tersebut sebanyak 81,3% adalah pengguna Facebook. Namun dengan jumlah pengguna sebanyak itu, hanya 50 persen pengguna yang memahami keamanan yang diberikan oleh Facebook. Padahal Setiap hari Facebook melaporkan mengumpulkan sebanyak 600.000 upaya peretasan keamanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman pengguna Facebook dalam melindungi data privasi di Kota Surabaya dan membandingkan perilaku pengguna berdasarkan gender pengguna. Platform digital Data Detox Kit (DDK) dengan Control Your Smartphone Data, Shift Your Setting dan Escape The Defaults digunakan sebagai dasar penyusunan pertanyaan, sedangkan metode perhitungan yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modelling). Proses pengumpulan data pada penelitian ini melalui kuesioner dengan Gform, karena jumlah pengguna Facebook di Kota Surabaya yang tidak diketahui maka digunakan penentuan jumlah responden menggunakan rumus Cochran dengan responden minimal 97. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa faktor Control Your Smartphone Data dan Escape The Defaults berpengaruh terhadap tingkat kekhawatiran data privasi, namun Warga Surabaya sudah memahami cara menggunakan fitur Facebook dan menggunakan secara tidak berlebihan. Pada faktor Shift Your Setting menunjukkan bahwa Warga Surabaya kurang setuju jika data privasi dicuri karena kelalaian dari kata sandi akun. Untuk perbandingan Gender pengguna didapatkan perbedaan pengguna yang tidak spesifik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, Muhammad Kholilurh96219054@student.uinsby.ac.idH96219054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Thesis advisorKunaefi, Anangakunaefi@uinsby.ac.id197911132014031001
Subjects: Media Sosial
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Pengguna facebook; gender
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Muhammad Kholilur Rohman
Date Deposited: 14 Nov 2023 08:04
Last Modified: 14 Nov 2023 08:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66489

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item