Titik temu konsep kebahagiaan Ikigai ala Hector Garcia dengan Imam Al-Ghazali dalam Kitab Kimiya al-Sa'adah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rifqiya, Muhammad Afada (2023) Titik temu konsep kebahagiaan Ikigai ala Hector Garcia dengan Imam Al-Ghazali dalam Kitab Kimiya al-Sa'adah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Afada Rifqiya_E97219079 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[img] Text
Muhammad Afada Rifqiya_E97219079.pdf

Download (25MB)

Abstract

Kebahagiaan merupakan salah satu tujuan hidup seluruh umat manusia dan hanya orang-orang tertentu yang dapat merasakan kebahagiaan tersebut meskipun sejatinya Tuhan telah memberikan karunia kebahagiaan kepada seluruh makhluk-Nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui titik temu konsep kebahagiaan ikigai ala Hector Garcia dengan Imam Al-Ghazali dalam kitab Kimiya Al-Sa’adah. Peneliti memiliki ketertarikan untuk meneliti hal ini dikarenakan pembahasan konsep ikigai ala Hector Garcia dan konsep kebahagiaan Imam Al-Ghazali ini memiliki banyak persamaan dan perbedaan sehingga peneliti terus menyelam pada konsep-konsep kebahagiaan tersebut. Dalam penelitian ini membahas beberapa rumusan masalah diantaranya 1. Bagaimana makna dan konsep kebahagiaan menurut konsep ikigai Hector Garcia dan kitab Kimiya Al-Sa’adah karya Imam Al-Ghazali. 2. Bagaimana titik temu konsep kebahagiaan menurut ikigai Hector Garcia dan kitab Kimiya Al-Sa’adah karya Imam Al-Ghazali. 3. Bagaimana cara meraih kebahagiaan menurut konsep ikigai Hector Garcia dan konsep kebahagiaan Imam Al-Ghazali. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berdasarkan jenis Library Research atau biasa disebut penelitian kepustakaan merupakan metode penelitian yang peneliti gunakan. Dalam meneliti objek yang berbentuk teks, simbol ataupun sebagai sarana pada mengkaji situasi suatu sosial budaya masyarakat seringkali menggunakan jenis penelitian Library Research. Penulis berharap dapat menyajikan visualitas yang kompleks. Hasil dari penelitian ini berdasarkan titik temu konsep kebahagiaan ikigai hector garcia dengan kebahagiaan imam Al-Ghazali dalam kitab Kimiya Al-Sa’adah, didapati terdapat beberapa poin yaitu, titik temu diantaranya memiliki kesamaan sebagai berikut: Memiliki hubungan antar sesama manusia (hablum minannas), Kenali dan cintai diri sendiri untuk menggapai kebahagiaan, melakukan pekerjaan sepenuh hati, serta mencari tujuan hidup. Hector Garcia mengartikan bahwa konsep ikigai harus bahagia dengan membuat diri sibuk. Menurut Imam Al-Ghazali, kebahagiaan adalah sesuatu yang dapat dicapai melalui menimbulkan perubahan mental untuk mencapai kebahagiaan sejati. Menurut Hector Garcia, Untuk menemukan ikigai ini, kita harus mengenali empat unsur ikigai dalam diri sendiri. menemukan apa yang disukai, menemukan sesuatu yang dikuasai, menemukan apa yang dunia butuhkan, menemukan alasan dari mendapatkan sesuatu. Sedangkan menurut al-Ghazali ada empat teori dasar dalam mendapatkan kebahagiaan yaitu, mengetahui tentang diri, mengetahui tentang Tuhan, mengetahui tentang dunia ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rifqiya, Muhammad Afadaafadakun@gmail.comE97219079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodijah, Khodijahuchykhadijah@yahoo.com2010116601
Subjects: Filsafat
Pemikiran
Psikologi Sosial
Keywords: Konsep kebahagiaan; Ikigai ala Hector Garcia; kitab Kimiya al-Sa'adah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Muhammad Afada Rifqiya
Date Deposited: 29 Nov 2023 04:19
Last Modified: 29 Nov 2023 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66538

Actions (login required)

View Item View Item