Body shaming pada mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya perspektif fenomenologi Alfred Schutz

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholifah, Alvira Rachma Dewi (2023) Body shaming pada mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya perspektif fenomenologi Alfred Schutz. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Alvira Rachma Dewi Kholifah_E91219064 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 January 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Alvira Rachma Dewi Kholifah_E91219064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang body shaming pada mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya perspektif fenomenologi Alfred Schutz. Penelitian ini menjawab dua rumusan masalah yaitu: pertama, bagaimana body shaming pada mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya, kedua, bagaimana body shaming pada mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya ditinjau melalui perspektif fenomenologi Alfred Schutz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan melakukan observasi, dan wawancara. Teori fenomenologi Alfred Schutz yang memiliki dua motif yaitu because motive dan in order to motive digunakan pisau analisa untuk membaca data yang diperoleh. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pengalaman body shaming yang terjadi pada kalangan mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya cukup bervariasi seperti fat shaming, tinggi badan, dan wajah berjerawat. Begitu juga dengan pengalaman kesadaran berdasarkan bentuk perlawanan atau reaksi yang timbul dari informan setelah mendapatkan perkataan body shaming dari pelaku seperti bersikap cuek, diam, dan sakit hati dengan ucapan pelaku. Korban juga merasakan juga tersinggung dengan ucapan pelaku dan adapula yang tidak tersinggung dengan ucapan pelaku. Penelitian ini juga menemukan bahwa berdasarkan because motive sikap yang dilakukan korban cukup bervariasi seperti mengendalikan emosinya dan agar tetap tenang serta rileks, tetap mempertahankan kepercayaan dirinya, terbiasa dengan ejekan tersebut, dan tidak memperpanjang (adu mulut). Dan untuk in order to motive lebih ke pengalaman kesadaran korban seperti, sakit hati kepada ucapan pelaku, biasa saja dan tidak mengambil pusing perkataan yang dilontarkan oleh pelaku, cuek dan bercanda agar tidak terlalu kepikiran dan sakit hati, dan bersikap cuek kadang juga melakukan perlawanan berupa perkataan emang kenapa?.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholifah, Alvira Rachma Dewialvirarachmadewi23@gmail.comE91219064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUdin, Nur Hidayat Wakhidnhwahiduddin@gmail.com2026118001
Subjects: Filsafat
Keywords: Body shaming; mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya; fenomenologi; Alfred Schutz
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Alvira Kholifah
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:02
Last Modified: 05 Jan 2024 02:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66542

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item