Analisis kepuasan mustahik terhadap pendistribusian dan kualitas pelayanan dengan metode importance performance analysis di BAZNAS Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firnanda, Reza Dwi (2023) Analisis kepuasan mustahik terhadap pendistribusian dan kualitas pelayanan dengan metode importance performance analysis di BAZNAS Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reza Dwi Firnanda_G75218030.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan BAZNAS sangat penting dalam mendistribusikan dana zakat untuk mereka yang membutuhkan sesuai dalam syari'at Islam. Keberhasilan BAZNAS tidak hanya diukur dari seberapa banyak dana yang didistribusikan, namun juga diukur dari kepuasan mustahiknya. Kepuasan mustahik bisa mencerminkan baik atau buruknya layanan yang diterima dari BAZNAS. Mustahik yang merasa puas diharapkan dapat menimbulkan citra baik dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap BAZNAS terutama dari golongan muzakki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan mustahik terhadap pendistribusian dan kualitas pelayanan BAZNAS Kabupaten Nganjuk. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif komparatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 orang, yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan data diolah menggunakan software SPSS 25. Analisis yang digunakan adalah Gap Analysis dan Importance Performance Analysis (IPA). Kepuasan mustahik BAZNAS Kabupaten Nganjuk terhadap pendistribusian dan kualitas pelayanan masih terdapat beberapa atribut yang perlu diperhatikan untuk diprioritaskan perbaikannya dan ditingkatkan kualitasnya. Pada pendistribusian terdapat tiga atribut dari dimensi manfaat pendistribusian yaitu zakat yang diberikan mampu meningkatkan kesejahteraan mustahik, zakat yang diberikan telah memenuhi kebutuhan pokok mustahik, dan BAZNAS memprioritaskan kebutuhan mustahik. Sedangkan pada kualitas pelayanan terdapat masing-masing satu atribut dari dimensi reliability (kehandalan) yaitu BAZNAS memiliki Amil yang mampu menyelesaikan masalah mustahik dan dimensi responsiviness (daya tanggap) yaitu BAZNAS memberikan pelayanan yang cepat dan tepat waktu. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak BAZNAS Kabupaten Nganjuk agar dapat mempertahankan kualitas pendistribusian dan kualitas pelayanan yang telah memenuhi kepuasan mustahik. Selain itu, diharapkan BAZNAS Kabupaten Nganjuk segera mengambil tindakan sesuai rekomendasi yang telah peneliti berikan untuk memperbaiki prioritas layanan yang dirasa belum memenuhi kepuasan mustahik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firnanda, Reza Dwirezafirnanda29@gmail.comG75218030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Layanan
Zakat
Keywords: Kepuasan mustahik; pendistribusian; kualitas pelayanan; metode importance performance analysis; BAZNAS
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Reza Dwi Firnanda
Date Deposited: 27 Nov 2023 04:26
Last Modified: 27 Nov 2023 04:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66558

Actions (login required)

View Item View Item