Alih kode dan campur kode dalam tuturan Megawati Soekarnoputri: kajian sosiolinguistik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

al Mutoharoh, Miyah (2023) Alih kode dan campur kode dalam tuturan Megawati Soekarnoputri: kajian sosiolinguistik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miyah Al Mutoharoh_A74219028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bahasa dan sosial memiliki keterkaitan satu sama lain. Hubungan bahasa dan sosial membuat munculnya berbagai macam dialek yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan, daerah, lawan penutur, topik pembicaraan. Masalah dalam penelitian ini tentang bentuk ciri khas bahasa Megawati yang berbanding terbalik dengan presiden lain di Indonesia. Ciri khas bahasa megawati adalah watak kebahasn Megawati yang mencampur dan mengalihkan bahasa indonesia dengan bahasa Jawa dalam setiap tuturannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk serta mengetahui faktor alih kode dan campur kode dalam tuturan Megawati yang menggunakan kajian sosiolonguistik data penelitian berupa bentuk alih kode dan campur kode dalam tuturan Megawati pada dua momen yaitu momen perayaan HUT PDIP ke-50 th dan acara seminar kenegaraan semesta Gerakan Semesta Mencegah Stunting. Metode dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan bentuk dan faktor alih kode dan campur kode dalam tuturan Megawati. Metode yang digunakan adalah tehnik menyimak dan mencatat kemudian menganalisis pembahasan dengan mengklasifikasikan bentuk serta faktor alih kode dan campur kode. Dari hasil penelitian ini dapat diperoleh jumlah alih kode internal pada video pertama yaitu Perayaan HUT PDIP ke-50th berjumlah 13 sedangkan pada video kedua yaitu acara seminar kenegaraan Gerakan SemestaMencegah Stunting berjumlah 10, lalu campur kode internal pada video pertama yaitu Perayaan HUT PDIP ke-50th berjumlah 60 sedangkan pada video kedua yaitu acara seminar kenegaraan Gerakan Semesta Mencegah Stunting berjumlah 45, dan campur kode eksternal pada video pertama yaitu Perayaan HUT PDIP ke-50th berjumlah 20 sedangkan pada video kedua yaitu acara seminar kenegaraan Gerakan Semesta Mencegah Stunting berjumlah 14. Terdapat empat faktor alih kode yang ditemukan dalam dua momen Megawati yaitu adanya faktor penutur, lawan tutur, topik pembicaraan, dan faktor untuk bergengsi sedangkan faktor campur kode ditemukan tiga faktor yaitu adanya faktor peran, faktor ragam, dan faktor keinginan untuk menjelaskan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
al Mutoharoh, Miyahmutoharohmiyahal@gmail.comA74219028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin@uinsby.ac.id2006067301
Thesis advisorAtikurrahman, Mohatiqurrahmann@uinsby.ac.id2007108504
Subjects: Media Sosial
Sosiologi
Linguistik
Keywords: Alih kode; campur kode; tuturan Megawati Soekarnoputri; sosiolinguistik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Miyah Al Mutoharoh
Date Deposited: 23 Nov 2023 08:46
Last Modified: 23 Nov 2023 08:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66564

Actions (login required)

View Item View Item