Efektivitas literasi wakaf sebagai upaya pencegahan sengketa wakaf oleh KUA Kedewan Kec Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabila, Raissa Alvita (2023) Efektivitas literasi wakaf sebagai upaya pencegahan sengketa wakaf oleh KUA Kedewan Kec Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Raissa Alvita Nabila_G75219039 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Raissa Alvita Nabila_G75219039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah tentang bagaimana upaya KUA dalam meningkatkan literasi wakaf kepada masyarakat Kecamatan Kedewan dan bagaimana efektivitas literasi wakaf sebagai upaya pencegahan sengketa wakaf oleh KUA Kecamatan Kedewan. Penelitian ini merupakan model penelitian lapangan yang dilaksanakan di KUA Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif deskriptif, yang menawarkan penjelasan secara menyeluruh, terencana, terorganisir, dan sistematis serta menawarkan penjelasan yang jelas dari awal hingga akhir melalui tahap pengumpulan data terstruktur. Tiga metode pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan KUA Kecamatan Kedewan dalam memberikan literasi wakaf adalah dengan cara memberikan pembinaan kepada nadzhir dan juga melakukan penyuluhan kepada masyarakat melalui materi khutbah wakaf yang disampaikan langsung oleh Kepala KUA Kecamatan Kedewan dan juga dakwah dalam pengajian rutin yang dititipkan kepada ustadz tentang materi fikih wakaf. Kemudian terkait dengan Efektivitas literasi wakaf yang dilakukan oleh KUA Kecamatan Kedewan melalui program sosialisasi atau penyuluhan kepada masyarakat, pada penelitian ini menggunakan teori dari Richard M. Steers dengan 3 indikator yang terdiri dari Pencapaian Tujuan, Integrasi, dan Adaptasi. Untuk pencapaian tujuan dikatakan efektif karena KUA mampu mencapai target dalam hal sertifikasi wakaf. untuk integrasi dinilai efektif karena sosialisasi yang dilakukan sudah berjalan baik. Untuk adaptasi dinilai efektif karena adanya peningkatan pemahaman masyarakat yang didukung oleh asset wakaf bertambah. Dalm hal ini penulis menawarkan saran untuk meningkatkan literasi wakaf melalui inisiatif penjangkauan untuk mengurangi kemungkinan konflik di masa mendatang berdasarkan temuan dan pembasan. Peneliti berharap temuan kajian ini dapat menjadi pedoman dan sumber informasi untuk penelitian-penelitian selanjutnya tentang literasi wakaf di masyarakat yang lebih dalam dan mendalam. Hal ini diharapkan dapat menghentikan konflik wakaf di Kecamatan Kedewan. Selain itu, KUA Kecamatan Kedewan harus mengedukasi masyarakat tentang wakaf melalui pemanfaatan platform media sosial yang sudah ada agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui dan tertarik dengan wakaf. Selain itu, disarankan agar KUA menciptakan program sertifikasi massal agar para nadzhir dapat mengurus sertifikat wakaf dengan lebih cepat

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabila, Raissa Alvitaraissard18@gmail.comG75219039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Thesis advisorDikuraisyin, Basarbasardikuraisyin@uinsby.ac.id2129118801
Subjects: Layanan
Wakaf
Keywords: Literasi wakaf; pencegahan sengketa wakaf; KUA
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Raissa Alvita Nabila
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:03
Last Modified: 29 Nov 2023 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66610

Actions (login required)

View Item View Item