Pengembangan aplikasi penilaian sikap berbasis android dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruchan, Masruchan (2023) Pengembangan aplikasi penilaian sikap berbasis android dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Kabupaten Mojokerto. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masruchan_F13117067.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Masruchan_F13117067_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan mobile application tentu menjadi hal yang mustahil terelakkan dalam dunia pendidikan modern saat ini, termasuk pemanfaatannya dalam membantu proses penilaian pendidikan baik dari aspek afektif, kognitif dan psikomotorik. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui 3 hal yaitu (1) mendesain penilaian sikap pada bidang PAI di Madrasah Aliyah; (2) menguji validitas produk; dan (3) menguji kepraktisan produk tersebut dalam penilaian sikap bidang PAI di Madrasah Aliyah Kabupaten Mojokerto. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Dalam pengembangan produknya yang diawali dari Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan melibatkan 50 guru PAI di 5 Madrasah Aliyah di Kabupaten Mojokerto. Tujuannya untuk menguji kepraktisan produk aplikasi yang dikembangkan, dengan menggunakan angket atau kuesioner kepraktisan produk. Hasil penelitian dan pengembangan diawali dari pengembangan desain produk penilaian sikap dengan 3 menu dasar yaitu, menu penilaian sikap religius, sikap disiplin dan sikap tanggung jawab yang divalidasi oleh ahli media teknologi informasi dengan hasil valid 4,25 dan hasil sangat valid 4,37 setelah divalidasi oleh pakar evaluasi pembelajaran. Sementara berdasarkan sisi kepraktisan aplikasinya, aplikasi penilai sikap berbasis android ini dinyatakan praktis digunakan dengan rata-rata skor 4,271. Temuan terbarukan dari penelitian dan pengembangan ini berupa program aplikasi yang diberi nama “ ASPIKA “ (Aplikasi Standar Penilaian Sikap) berbasis android.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruchan, Masruchanmasruchan256@gmail.comF13117067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, Alimudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Penilaian sikap; pendidikan agama Islam; android
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masruchan Masruchan Masruchan
Date Deposited: 05 Dec 2023 01:38
Last Modified: 05 Dec 2023 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66642

Actions (login required)

View Item View Item