الصراع الاجتماعي في مسلسل عمر بن الخطاب رضي الله عنه

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Nurul Hidayanti (2023) الصراع الاجتماعي في مسلسل عمر بن الخطاب رضي الله عنه. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Hidayanti Hasanah_A91219109 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Nurul Hidayanti Hasanah_A91219109.pdf

Download (1MB)

Abstract

Serial Umar bin Khattab R.A adalah serial sejarah yang disutradarai oleh Hatem Ali dengan durasi sekitar 40 – 45 menit di setiap episodenya. Dirilis pada 20 Juli – 18 Agustus 2012, Serial ini menceritakan kehidupan Umar bin Khattab R.A sebelum dan sesudah masuk islam, dan keinginannya untuk membunuh dan menghentikan dakwah Nabi Muhammad SAW serta menyiksa para budak yang masuk islam termasuk Bilal Bin Rabbah R.A. Penulis memilih film ini karena banyak mengandung konflik sosial yang dapat dijadikan pelajaran dalam kehidupan sekarang ini. Tokoh Umar bin Khattab R.A menunjukan betapa ia membenci islam dan ketika Allah SWT diberikan hidayah maka hati yang keras pun menjadi lembut. Keberanian Umar Bin Khattab dalam membela islam sangat luar biasa. Bahkan dia diangkat menjadi Kholifah ke 2 setelah Abu Bakar Shiddiq R.A. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konflik sosial dalam serial Umar Bin Khattab R.A dengan menggunakan pendekatan dan teori sosiologi sastra Lewis A Coser. Penelitian ini adalah penelitian dekskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Film Omar. Objek penelitian adalah konflik sosial berupa konflik sosial realistis dan non realistis serta mengetahui fungsi positif dalam konflik sosial tersebut. Dalam penelitian ini peneliti menemukan 13 konflik sosial diantaranya 7 konflik sosial pada aspek realistis dan 5 konflik sosial pada aspek non realistis serta 7 dampak positif konflik sosial yang telah dijabarkan melalui tabel. Peneliti mendapatkan data observasi berupa menonton serial Omar, dokumentasi berupa jurnal dan buku – buku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Nurul Hidayantihidayantinurul288@gmail.comA91219109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, Nurnurmufid@uinsby.ac.id2020066401
Thesis advisorShoddiq, Mahfudz Muhammadgsseni@yahoo.com2016126903
Subjects: Konflik sosial
Sosiologi
Sastra
Keywords: Konflik sosial; sosiologi sastra; serial Umar Bin Khattab R.A
Depositing User: Nurul Hidayanti Hasanah
Date Deposited: 01 Dec 2023 03:04
Last Modified: 01 Dec 2023 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66649

Actions (login required)

View Item View Item