Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi syukur untuk mengatasi rasa rendah diri dalam berbicara di depan umum pada mahasiswa UIN KHAS Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadzifah, Afifatun (2023) Bimbingan dan konseling Islam dengan terapi syukur untuk mengatasi rasa rendah diri dalam berbicara di depan umum pada mahasiswa UIN KHAS Jember. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afifatun Nadzifah_B53218051 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 December 2026.

Download (2MB)
[img] Text
Afifatun Nadzifah_B53218051.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat sebuah masalah tentang seorang mahasiswa yang memiliki permasalahan rendah diri pada dirinya sendiri terutama dalam berbicara di depan umum. Langkah-langkah yang digunakan yaitu: 1). Mengubah pola pikir melalui penguatan keyakinan untuk bersyukur 2). Mengucapkan Alhamdulillah 3). Menuliskan Catatan syukur 4). Menuliskan ucapan terimakasih. Sedangkan metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis studi kasus yang mana pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis studi kasus dengan membandingkan sebelum dan sesudah proses terapi. Berdasarkan hasil analisis, terdapat perubahan yang dialami oleh konseli setelah pemberian terapi. Konseli lebih dapat menyadari akan kemampuan dan kelemahan yang ada pada dirinya sendiri, konseli lebih banyak menyadari hal-hal yang dapat ia syukuri di hidupnya, konseli lebih dapat berfikir positif dari sebelumnya yang selalu muncul fikiran negative ketika akan melakukan sesuatu, ia lebih dapat menyakini dirinya sendiri bahwa dia mampu dan bisa mencapai apa yang sedang ia inginkan dengan berusaha dan tanpa menyerah dengan kegagalannya, ia mau mencoba dan terus mencoba untuk mencapainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadzifah, Afifatunafifahnadzifah24@gmail.comB53218051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, Abd-2001096001
Subjects: Bimbingan Konseling
Terapi
Keywords: Bimbingan dan konseling Islam; terapi syukur; rasa rendah diri; berbicara di depan umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Afifatun Nadzifah
Date Deposited: 19 Dec 2023 09:01
Last Modified: 19 Dec 2023 09:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66650

Actions (login required)

View Item View Item