Analisis semiotik pesan dakwah dalam wasiat catur piwulang Sunan Drajat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizki, Muhammad Dwi (2023) Analisis semiotik pesan dakwah dalam wasiat catur piwulang Sunan Drajat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Dwi Rizki_B91217078 full.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Mochammad Dwi Rizki_B91217078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menerangkan tentang nilai-nilai pesan dakwah yang terkandung dalam wasiat catur piwulang Sunan Drajat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tandatanda ang terkandung dalam wasiat catur piwulang Sunan Drajat yang disajikannya dengan menggunakan analisis semiotik milik Charles Sander Pierce. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi pembaca dan penulis mengenai makna yang tersurat dan tersirat dalam wasiat catur piwulang Sunan Drajat dalam aspek pesan dakwah. Penelitian ini, menggunakan pendekatatan kualitatif jenis metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif analisis teks media. Dengan demikian proses analisis data dari penelitian ini menggunakan pedoman trikotomi dari segitiga makna. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi (amati, catat, dan analisis). Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil analisis tanda dalam naskah yang memiliki pesan dakwah dalam ajaran-ajaran Islam. Pesan dakwah yang terkandung adalah pesan dakwah syariah dan pesan dakwah akhlak. Saran dan rekomendasi penulis, untuk pembaca segala bentuk naskah yang hendak diteliti perlu kiranya untuk dipahami dan mendapatkan pemahaman dari para ahli, sehingga menghasilkan analisis yang rinci dan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizki, Muhammad Dwimuhammaddwirizki29@gmail.comB91217078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiar, M. Anisanis_bachtiar@yahoo.com/anis.bachtiar@uinsby.ac.id2019126902
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Wasiat
Adat
Keywords: Semiotik; catur piwulang; pesan dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mochammad Rizki
Date Deposited: 05 Dec 2023 04:50
Last Modified: 05 Dec 2023 04:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66660

Actions (login required)

View Item View Item