Komunikasi kebencanaan BPBD propinsi Jatim melalui akun instagram

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibah, Lutfiah Lailatul (2023) Komunikasi kebencanaan BPBD propinsi Jatim melalui akun instagram. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lutfiah Lailatul Habibah_B95219108 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Lutfiah Lailatul Habibah_B95219108.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneliti perihal tujuan penggunaan instagram sebagai media komunikasi kebencanaan dari BPBD Provinsi Jawa Timur, yang diketahui konsisten dalam menginformasikan tentang kebencanaan yang ada di jawa timur ini, meski telah hampir delapan tahun dibentuk, namun belum terlalu dikenal adanya akun instagram milik BPBD Jawa Timur ini oleh sebagian kalangan. Dalam hal ini peneliti berfokus pada apa tujuan dari pengunggahan konten pada instagram nya melalui observasi dan mencari informasi tentang proses yang dilakukan dalam pembuatan kontennya. Berbicara terkait prosesnya, maka dengan itu peneliti menggunakan metode kualitatif yang nantinya dijabarkan secara mendalam berdasarkan hasil penelitian. Pendekatan yang digunakan yakni fenomenologi yang dirasa cocok karena penelitian ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan magang peneliti sehingga peneliti dapat mengamati kenyataan yang ada di lapangan. Selain itu, data didapatkan dari hasil wawancara langsung kepada tim humas BPBD Jawa Timur yang mengurusi perihal sosial medianya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan dari pengunggahan konten tentang kebencanaan di instagram adalah beragam. Disamping eksistensi BPBD sebagai Organisasi Perangkat Daerah, juga bertujuan untuk edukasi, serta meningkatkan kewaspadaan akan bencana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibah, Lutfiah Lailatullutfiahlailatulhabibah1@gmail.comB95219108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZubaidi, Advan Navisadvan@uinsby.ac.id2018118301
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Keywords: Komunikasi kebencanaan; BPBD; instagram
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Lutfiah Lailatul Habibah
Date Deposited: 05 Dec 2023 04:29
Last Modified: 05 Dec 2023 04:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66663

Actions (login required)

View Item View Item