Efektivitas penerapan model react dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMAN 1 GedanganSidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabila, Nurin (2023) Efektivitas penerapan model react dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMAN 1 GedanganSidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurin Nabila_D71218091.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nurin Nabila_D71218091_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mendapatkan informasi atau data terkait : 1) Kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebelum diterapkannya model pembelajaran REACT. 2) Berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti setelah diterapkannya model REACT di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo. 3) Efektivitas model pembelajaran REACT dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen. Dalam pengambilan sampel, peneliti mengambil sampel sebanyak 68 dari keseluruhan jumlah populasi di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yaitu dengan uji normalitas data dan uji Wilcoxon (uji t statistic non parametric) dibantu dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini dinyatakan bahwa : 1) Kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebelum diterapkannya model REACT di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo pada kelas kontrol (XI MIPA 5) memiliki nilai post-test paling rendah 30, dan paling tinggi 70, dan rata-rata 52,86. 2) Kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti setelah diterapkan model pembelajaran REACT di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo pada kelas eksperimen (XI MIPA 6) memiliki hasil akhir nilai post-test paling rendah 70, paling tinggi 100, dan rata-rata 90,91. 3) Adanya efektivitas model pembelajaran REACT dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji-t dengan menghitung uji t statistic non parametric yaitu uji Wilcoxon nilai p-value atau Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan output tes statistics, diketahui Asymp.Sig. (2-tailed)bernilai 0,000. Karena, nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis Diterima”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabila, Nurinnabilanurin6@gmail.comD71218091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam
Keywords: Model pembelajaran REACT; berpikir kritis; mata pelajaran pendidikan agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nurin nabila
Date Deposited: 05 Dec 2023 01:46
Last Modified: 05 Dec 2023 02:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66665

Actions (login required)

View Item View Item