Moderasi beragama Muhammadiyah dalam risalah Islam berkemajuan perspektif sosiologi pengetahuan Karl Mannheim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafi'i, Ali Ridho (2023) Moderasi beragama Muhammadiyah dalam risalah Islam berkemajuan perspektif sosiologi pengetahuan Karl Mannheim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ali Ridho Syafi'i_E91219063 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Ali Ridho Syafi'i_E91219063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Moderasi masih menjadi topik penting sampai tahun depan, kampanye tentangnya masih terus berjalan. Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi yang ikut mengkampayekan nya, baru-baru ini telah merumuskan sebuah rumusan Risalah Islam Berkemajuan, yang didalamnya memuat gagasan tentang moderasi beragama. Dalam penelitian ini penulis bertujuan untuk meneliti tentang moderasi Muhammadiyah dalam rumusan Risalah Islam Berkemajuan. Dalam penelitian ini menggunakan perspektif sosiologi pengetahuan Karl Mannheim untuk memahami moderasi Muhammadiyah dalam rumusan Risalah Islam Berkemajuan. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif terhadap data primer dan sekunder yang diperoleh. Metode penelitian dan pengumpulan data terdiri dari library research dan google research, dengan upaya untuk menggali sumber referensi yang lebih luas, agar dapat mempermudah dalam pengolahan data. Data primer dan sekunder yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa perspektif sosiologi pengetahuan Karl Mannheim terhadap konsep moderasi Muhammadiyah dalam naskah Risalah Islam Berkemajuan dapat memberikan pemahaman tentang bagaimana Muhammadiyah mengembangkan pemikiran moderasi dalam konteks sosial dan budaya masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafi'i, Ali Ridhoaliridho1205@gmail.comE91219063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBiyanto, Biyantomrbiyanto@gmail.com2010107204
Subjects: Agama
Muhammadiyah
Keywords: Moderasi beragama; Muhammadiyah; risalah Islam: sosiologi pengetahuan Karl Mannheim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ali Ridho Syafi'i
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:43
Last Modified: 07 Dec 2023 06:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66684

Actions (login required)

View Item View Item