Pengembangan toolkit pengukuran maturitas model proses bisnis berdasarkan kerangka kerja Business Process Management Maturity Model (BPM3)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Novan el Fattah (2023) Pengembangan toolkit pengukuran maturitas model proses bisnis berdasarkan kerangka kerja Business Process Management Maturity Model (BPM3). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novan El Fattah Putra_H06216018 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Novan El Fattah Putra_H06216018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan toolkit pengukuran maturitas model proses bisnis berdasarkan kerangka kerja Business Process Management Maturity Model (BPM3). Maturitas model proses bisnis merupakan faktor penting dalam mengukur efisiensi dan kualitas proses bisnis pada suatu organisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini melibatkan beberapa tahapan, yaitu studi literatur untuk memahami konsep dasar tentang maturitas model proses bisnis dan kerangka kerja BPM3, pengembangan toolkit berdasarkan kerangka kerja tersebut, dan validasi metrik dengan pakar. Hasil penelitian ini adalah pengembangan toolkit pengukuran maturitas model proses bisnis yang terdiri dari 6 faktor kunci, 30 kapabilitas proses, dan 67 indikator. Metrik ini memberikan gambaran komprehensif tentang tingkat kematangan model proses bisnis suatu organisasi, mulai dari tingkat awal hingga tingkat yang sangat matang. Penelitian ini memiliki implikasi penting bagi organisasi dalam mengelola dan meningkatkan kematangan model proses bisnis mereka. Metrik yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alat evaluasi untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dalam rangka mencapai tujuan bisnis yang lebih baik. Selain itu, penelitian ini juga memberikan sumbangan konseptual dalam pengembangan teori maturitas model proses bisnis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Novan el Fattahelfattahn@gmail.comH06216018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRozas, Indri Sudanawatiindrisrozas@uinsby.ac.id2021078201
Thesis advisorAmin, Faris Mushlihulfaris@uinsby.ac.id2013088801
Subjects: Administrasi
Manajemen
Bisnis
Keywords: Toolkit; pengukuran maturitas; bisnis; Business Process Management Maturity Model (BPM3)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Novan El Fattah Putra
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:22
Last Modified: 06 Dec 2023 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66686

Actions (login required)

View Item View Item