Analisis manajemen risiko pembiayaan bermasalah pada Bank Jatim Syariah cabang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anjeli, Devi Erlina (2023) Analisis manajemen risiko pembiayaan bermasalah pada Bank Jatim Syariah cabang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Erlina Anjeli_G04219020.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Devi Erlina Anjeli_G04219020_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan Bermasalah Pada Bank Jatim Syariah Cabang Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja manajemen risiko terhadap pembiayaan bermasalah serta bagaimana manajemen risiko dapat mengendalikan risiko yang timbul sehingga meminimalisir besarnya pembiayaan bermasalah pada Bank Jatim Syariah Cabang Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersiat field research (Penelitian Lapangan) dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif.Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari wawancara kepada karyawan Bank Jatim Syariah Cabang Surabaya. Data-data yang diperoleh oleh penulis didapatkan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja manajemen risiko dalam mengatasi pembiayaan bermasalah pada Bank Jatim Syariah Cabang Surabaya sudah berjalan cukup baik. Adanya pandemi covid 19, menyebabkan jumlah pembiayaan bermasalah pada Bank Jatim Syariah Cabang Surabaya mengalami peningkatan. Jumlah pembiayaan bermasalah yang meningkat mengharuskan manajemen risiko untuk bertindak menyelamatkan maupun menyelesaikan pembiayaan bermasalah.. Strategi pengendalian risiko yang diterapkan oleh Manajemen Risiko Bank Jatim Syariah Cabang Surabaya adalah dengan melakukan identifikasi risiko, pengukuran risiko, pemantauan risiko, dan penyelesaian risiko. Kinerja manajemen risiko sudah terlihat efektif dengan adanya bukti presentase NPF yang selalu menurun tiap tahunnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anjeli, Devi Erlinadevierlinaa29@gmail.comG04219020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPratikto, Muhammad Iqbal Suryom.iqbal@uinsby.ac.id2016039101
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keywords: Pembiayaan bermasalah; manajemen risiko
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Devi Erlina Anjeli
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:10
Last Modified: 19 Dec 2023 01:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66722

Actions (login required)

View Item View Item