Literasi politik terkait demokrasi melalui tiktok di kalangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Mas Ayu Ainun (2023) Literasi politik terkait demokrasi melalui tiktok di kalangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mas Ayu Ainun Nisa'_I01219016_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2026.

Download (5MB)
[img] Text
Mas Ayu Ainun Nisa'_I01219016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya fenomena perkembangan media sosial yang tidak dibarengi dengan pergerakan literasi politik secara bersamaan. Dalam penelitian ini penulis memilih untuk meneliti literasi politik melalui media sosial TikTok. Tiktok adalah media sosial yang saat ini sedang berkembang dan popular di kalangan khalayak umum. Terdapat beberapa fitur yang tidak ada di media sosial lainnya yang membuat TikTok ini menjadi media sosial yang menarik bagi banyak kalangan, terutama kalangan mahasiswa di UIN Sunan Ampel Surabaya. dan penulis fokus dengan kajian literasi politik terkait demokrasi karena demokrasi adalah salah satu pengetahuan yang harus diketahui oleh warga negara termasuk mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Oleh karena itu rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dalam memaknai literasi politik terkait demokrasi melalui Tiktok, bagaimana penerapan literasi politik terkait demokrasi melalui Tiktok di kalangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, dan bagaimana hambatan dalam mengembangkan literasi politik terkait demokrasi melalui Tiktok di kalangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi dari beberapa buku, karya ilmiah, konten di kanal media sosial lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Infroman yang dipilih yaitu mahasiswa dan kreato konten politik di tiktok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori literasi politik menurut Benard Crick. Hasil dari penelitian ini mengaitkan dengan tiga komponen menurut Bernard Crick yang harus dikuasai sebagai indikator penerapan dalam literasi politik, yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan. Terdapat mahasiswa yang sudah menerapkan literasi politik di tiktok dan merasakan peningkatan pengetahuan politik terkait demokrasi di tiktok. Mereka juga memiliki sikap dan keterampilan politik yang baik. dan mahasiswa yang belum memanfaatkan Tiktok sebagai media literasi politik mereka menemukan 3 hambatan yang dialaminya yaitu Masih minimnya kreator konten politik yang memiliki identitas yang jelas, masih terdapat banyak informasi politik yang hoaks, dan juga masih adanya sifat apatisme mahasiswa terhadap konten politik di tiktok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Mas Ayu Ainunmasayunisaaa@gmail.comI01219016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrakasita, Ajeng Widyaajengwidyaprs@gmail.com2023029502
Subjects: Media Sosial
Keywords: Political literacy; Tiktok; democracy; college student
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Mas Ayu Ainun Nisa'
Date Deposited: 11 Dec 2023 03:05
Last Modified: 11 Dec 2023 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66724

Actions (login required)

View Item View Item