Komunikasi pemerintahan Desa Belotan Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan dalam perencanaan pembangunan desa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufarriqoh, Emy 'Izzatul (2023) Komunikasi pemerintahan Desa Belotan Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan dalam perencanaan pembangunan desa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Emy 'Izzatul Mufarriqoh_B75218054 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Emy 'Izzatul Mufarriqoh_B75218054.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang proses komunikasi yang dilakukan oleh pemerintah Desa Belotan Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan Dalam Perencanaan Pembangunan Desa. Menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori partisipasi masyarakat, yang artinya masyarakat terlibat secara langsung dalam proses perencanaan pembangunan desa. Proses komunikasi pemerintahan yang dilakukan oleh pemerintah Desa Belotan dalam perencanaan pembangunan desa adalah dengan cara komunikasi informasi dan komunikasi hubungan kerja. Komunikasi informasi disampaikan oleh aparat desa kepada bawahan melalui rapat dan musyawarah yang bertujuan untuk menyamakan ide dan gagasan dengan masyarakat. Komunikasi hubungan kerja merupakan cara dan strategi yang ditempuh dalam penyampaian agenda kegiatan yang harus dilakukan agar berhasil sesuai tujuan yang telah disepakati. Kesadaran berbangsa dan bernegara menjadi faktor pendukung dalam proses komunikasi yang dilakukan pemerintahan Desa Belotan dengan masyarakat dalam merencanakan pembangunan. Sedangkan faktor penghambat dalam proses komunikasi dalam perencanaan pembangunan berupa perbedaan latar pendidikan antar aparat pemerintah desa dengan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufarriqoh, Emy 'Izzatulemyizza45@gmail.comB75218054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArief, Moch. Choirulchoirul.arief@uinsby.ac.id2017107102
Subjects: Ilmu Komunikasi
Pembangunan > Pembangunan Desa
Kepemimpinan
Keywords: Komunikasi pemerintahan; partisipasi; perencanaan pembangunan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Emy 'Izzatul Mufarriqoh
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:26
Last Modified: 12 Dec 2023 02:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66753

Actions (login required)

View Item View Item