Analisis efektivitas pengendalian pada persediaan barang dagang di mini ritel Habibah Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qirom, Salsabila Syafarotil (2023) Analisis efektivitas pengendalian pada persediaan barang dagang di mini ritel Habibah Madura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salsabila Syafarotil Qirom_G92219120 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)
[img] Text
Salsabila Syafarotil Qirom_G92219120.pdf

Download (32MB)

Abstract

Sebuah usaha ritel skala kecil memerlukan aktivitas pengendalian pada pengelolaan persediaan barang dagang untuk memitigasi risiko-risiko kerugian. Pelaku usaha ritel skala kecil layaknya Mini Ritel Habibah Madura menerapkan aktivitas pengendalian pada persediaan barang dagang sesuai dengan apa yang mereka ketahui dan pahami secara sederhana. Oleh sebab pengimplementasiannya tidak didasarkan pada standar COSO, maka aktivitas pengendalian yang diterapkan oleh pelaku usaha Mini Ritel Habibah Madura perlu dianalisis untuk mengetahui efektivitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas aktivitas pengendalian yang diaplikasikan secara sederhana dalam kegiatan operasional Mini Ritel Habibah Madura. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed methods) dengan metode penelitian berupa studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, telaah dokumen tertulis, dan kuisioner. Teknik analisis data yang dipilih oleh peneliti, meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk menilai efektivitas aktivitas pengendalian, peneliti menggunakan pengukuran yang dikemukakan oleh Dean J. Champion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pengendalian yang diterapkan di Mini Ritel Habibah Madura dinilai cukup efektif dengan total persentase sebesar 59%. Namun, pada beberapa komponen, seperti fungsi pembagian tugas, fungsi pencatatan, pembatasan akses ke aset dan informasi, dan review kinerja belum diimplementasikan secara layak dan perlu dikoreksi ulang oleh pelaku usaha. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pelaku usaha Mini Ritel Habibah Madura untuk mengevaluasi komponen-komponen aktivitas pengendalian pada persediaan barang dagang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan meminimalisir risiko-risiko yang dapat menyebabkan kerugian usaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qirom, Salsabila Syafarotilsalsabilasyafarq@gmail.comG92219120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLathifah, Nuruln.lathifah@uin.sby.ac.id0728058901
Subjects: Akuntansi
Keywords: Barang dagang; mini ritel Habibah Madura
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Salsabila Syafarotil Qirom
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:47
Last Modified: 12 Dec 2023 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66754

Actions (login required)

View Item View Item